Senin, 12 Oktober 2020 - 22:23:09 WIB
Lantamal I Belawan Terima Tim Wasrik Itjen Kemhan
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL.



Kabar-kini.com, Belawan, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan di Markas Komando Lantamal I bertempat di Gedung R. Mulyadi Jalan Wisma Hanafiah No.1 Belawan, Senin (12/10/2020).

Komandan Lantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dalam sambutannya pada acara Pembacaan Taklimat Awal Wasrik Itjen Kemhan menyampaikan penggunaan aset barang milik negara di lingkungan Kemhan dan TNI merupakan istilah yang lazim kita dengar, akan tetapi definisi serta penjabaran dari aturan-aturan yang terkait dengannya tentunya tidak semua personel mengetahui atau memahaminya.
"Terkhusus kepada para pejabat yang menerima kepercayaan untuk menjaga serta mengelola aset BMN tentunya harus memahami aturan serta perundang-undangan yang berlaku, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam sistim pengelolaan aset BMN tersebut," ucapnya.

"Saya berharap kegiatan Wasrik Itjen Kemhan di Mako Lantamal I dapat terlaksana dengan mengembangkan pola kemitraan guna memperbaiki serta meluruskan pola kerja yang mungkin selama ini tidak berjalan dengan baik," pungkasnya.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kemhan Letnan Jenderal TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., dalam sambutannya pada acara pembacaan Taklimat Awal Wasrik Itjen Kemhan yang dibacakan oleh Laksamana Pertama TNI Sunaryo, CfrA., sebagai pengendali teknis menyampaikan bahwa pemanfaatan aset BMN di lingkungan Kemhan dan TNI dilakukan dalam rangka meningkatkan penerimaan negara dan menjalankan tugas pemerintahan sebagai pelaksana kewajiban pelayanan umum. Status penggunaan BMN ditetapkan oleh pengelola barang yaitu Menteri Keuangan, penetapan status penggunaan tanah dan/atau bangunan dilakukan dengan ketentuan bahwa tanah dan/atau bangunan tersebut diperlukan untuk kepentingan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi pengguna barang dan/atau kuasa pengguna barang yang bersangkutan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Kemhan dan TNI berhasil mempertahankan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2019. Namun demikian, pemanfaatan aset BMN masih menjadi temuan berulang dalam pemeriksaan BPK RI setiap tahunnya.
Pemberian opini WTP pada tahun 2019 ini telah memberikan semangat luar biasa, antusiasme kinerja yang sangat tinggi, karena itu saya menyampaikan kepada Danlantamal I Belawan agar penilaian/opini BPK RI atas laporan keuangan Kemhan dan TNI tahun 2019 dapat dipertahankan.

Kegiatan Wasrik Pemanfaatan Aset BMN di Lantamal I Belawan akan dilaksanakan selama 6 (enam) hari, terhitung mulai hari Senin tanggal 12 s.d. 17 Oktober 2020 dengan Tim Wasrik Itjen Kemhan yakni
Penanggungjawab Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., Pengendali Tim Laksma TNI Sunaryo, CFrA., Ketua Tim
Kolonel Czi Supriyanto, Anggota Tim
Kolonel Tek Josep Setia B. Ginting, S.T.,
Letkol Adm Drs. Indra Gunawan, Sekretaris Tim
Penata III/c Sutikno, S.E.

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved