Senin, 26 Februari 2018 - 21:05:23 WIB
Film Sekala Niskala Menang di Berlin karya Kamila Andini
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: FILM

Jakarta, kabar-kini.com - Film Sekala Niskala garapan penulis-sutradara Kamila Andini meraih piala kemenangan di Berlin International Film Festival ke-68. Dari 14 Film yang masuk Final, Film ini menang dalam sesi kompetisi Generation Kplus lewat penghargaan yang diberikan juri internasional pada Sabtu, 24 Februari 2018.

Di festival-festival sebelumnya, saat orang membicarakan film Asia, biasanya mereka membicarakan karya dari Filipina atau Thailand, tapi tahun ini di festival-festival, film dari Indonesia mulai dibicarakan," tutur Kamila dalam jumpa pers di XXI Plaza Indonesia, Senin, (26/2/18).

Dalam BIFF ke-68, penghargaan utama dalam kategori Kplus dan 14Plus adalah Crystal Bear. Pemenang dipilih oleh sejumlah anak-anak anggota dewan juri. Selain itu, ada penghargaan Grand Prix yang diberikan oleh anggota juri dewasa.

Sekala Niskala (The Seen and Unseen) menerima penghargaan Grand Prix dari tiga juri dewasa untuk kategori Generation Kplus. Film panjang ini menang bersama film pendek asal Nepal berjudul Jaalgedi (A Curious Girl) garapan Rajesh Prasad Khatri.

(Penghargaan ini) diberikan kepada seorang sutradara yang memiliki visi sinematik khusus. Sebuah dongeng puitik tentang hidup yang seimbang dan tidak seimbang. Film ini membawa perjalanan emosional lewat kesedihan, kemarahan, dan penerimaan. Film ini menyentuh kami semua lewat dunia unik. Ini film yang merangkul resiko, keaslian, dan mistik dalam tarian filmis yang digarap dengan hati-hati," kata pihak juri dalam pernyataan resmi di situs web BIFF.

Ifa Isfansyah, salah satu produser Sekala Niskala sekaligus suami Kamila, turut mengabarkan kemenangan ini lewat media sosial. Dalam keterangan foto Instagram, Ifa menuliskan pidato kemenangan Kamila di BIFF.

Tidak mudah membuat film seperti Sekala Niskala. Saya memiliki ide ini enam tahun lalu dan setelah itu, semua teknologi sinema berubah. Terima kasih untuk Berlinale yang menyajikan film ini persis seperti sinema yang saya bayangkan pada saat saya mempunyai ide membuat Sekala Niskala," kata Kamila.

Keikutsertaan film ini di Berlin juga didukung oleh Bekraf dan Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Sekala Niskala siap diputar mulai Kamis 8 Maret 2018, Di Bioskop Kesayangan Anda.(war).

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved