Rabu, 28 Februari 2018 - 22:47:38 WIB
PELANTIKAN TONAAS UMBANUA MTS NUSANTARA DI WATU KAMEYA KAKASKASEN I TOMOHON
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HEADLINE


Kabar-kini.com - Minggu 4 Februari 2018 diawal tahun merupakan momen penting di jajaran pengurus Lsm Adat Minaesaan Tombulu Sulut (MTS), kenapa demikian dengan puji syukur kepada Tuhan sang pencipta (opo empung wailan wangko) kami merasa bangga dengan bergabungnya tokoh budaya selaku duta budaya Indonesia bahkan Asia yakni putra kawanua Dr. Ferdinand Tumewu di kukuhkan menjadi bagian di jajaran MTS yakni dilantik sebagai Tonaas umbanua MTS Nusantara yang bertujuan membangun karakter tou Minahasa baik yang ada di Sulawesi Utara maupun di perantauan dengan harapan dapat membangkitkan semangat sitou timou tumou tou dan mengangkat serta membangun jatidiri tou minahasa lewat adat budaya kearifan lokal tou minahasa," Ungkap ketua umum selaku Tonaas wangko kolano MTS Lsm adat Minaesaan Tombulu Sulut MTS Johny Sondak.

Mengingat adat budaya semacam upacara adat adalah akar dari segala adat budaya tou Minahasa itu sendiri perlu digali serta diangkat demi eksistensi kearifan lokal itu sendiri yang kian hari semakin terkikis dan terancam kepunahan," kata Sondak.

Menurut sondak seni budaya tou minahasa adalah hanya bagian saja dari akar budaya minahasa tidak bisa lepas dan saling berkaitan serta di dasari dari keyakinan atau spiritual tou Minahasa yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan bahkan ribuan tahun yang melewati history luar biasa sesuai perjalanan sejarah bangsa Minahasa.

Selain itu tegas sondak upacara adat Minahasa tidak lepas dengan seni tarinya yang kaya akan keberagamanya sangat berpotensi sekali mengundang para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang di tana toarlumimuut atau dikenal bumi nyiur melambai bila hal ini benar-benar semaksimal mungkin dapat diangkat oleh pemerintah dan tidak lepas peran masyarakat Minahasa.

Disisi lain Tonaas umbanua MTS Nusantara Dr. Ferdinand Tumewu yang baru dilantik menjelaskan," Beliau sangat merespon atas segala upaya yang sudah ada atas perjuangan teman-teman yang ada di jajaran MTS selama ini untuk mengangkat dan mempertahankan eksistensi budaya lokal Minahasa dan beliau berjanji akan mendukung terus segala upaya dan kerja keras demi terangkat adat budaya Minahasa sampai ke mancanegara khususnya budaya Minahasa," Ujar Tumewu.

Tonaas Tumewu berkomitmen kedepanya MTS bekerja sama dengan pihak pemerintah dan masyarakat luas ingin membuat Iven-iven bertemakan adat budaya selain itu iven bersifat menghibur untuk masyarakat Minahasa yang Spektakuler.

Kegiatan pelantikan Tonaas umbanua MTS Nusantara di watu kameya kakaskasen I Tomohon berjalan lancar dan sukses dengan diiringi tarian kawasaran asal kamasi tomohon pimpinan tonaas Marthen keles dan upacara adat pelantikan dipimpin tua-tua adat kampung tonaas Anthon Sulu berlangsung khusuk dan hikmah," Ujar Sondak didampinggi Sekretaris Jenderal MTS Alexander Kapahang. Eza peleng eza keter Torang satu torang kuat IJUZ (fft)



    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved