Senin, 10 September 2018 - 13:55:23 WIB
HUT KE 73 TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2018
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL.

Jakarta, kabar-kini.com, Tanggal 10 September memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal tersebut. tepatnya pada 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinyaa TNI Angkatan Laut Puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI AL akan dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNl Siwi Sukma Adji, SE. MM bertempat di Dermaga Pondok Dayung Koarmada I. Jakarta Utara, Senin (10/09/2018)

Dengan mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut”, peringatan hari jadi ke-73 TNI AL akan melibatkan 1.375 persone| dan Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal). Markas Komando (Mako) Koarmada I, prajurit KRI jajaran Koarmada I Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Korps Marinir, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) serta Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal).

Sejarah hari jadi TNI Angkatan Laut dimulai pada saat Pemerintah lndonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut) yang diprakarsai oleh mantan anggota Koniklije Marine guru dan murid Sekolah Pelayaran Tinggi, Sekolah Pelayaran Rendah,pegawai dari Jawa Unko Kaisha, Kakgun Heiho dan pemuda pecinta laut lannnya. Pembentukan BKR Laut Inilah yang akhirnya menggetarkan organisasi dan perkumpulan kemaritiman di Tanah Air untuk membentuk BKR Laut di daerah-daerah.

Oleh karena itu, untuk menghormati Jasa para pendahulu BKR Bagian Laut, maka tanggal 10 September 1945 ditetapkan sebagai hari Iahirnya Angkatan Laut yang selanjutnya diperingati sebagai hari lahir TNI Angkatan Laut.

Peringatan HUT Ke-73 TNI AL, akan dilaksanakan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV Tahun Selain itu juga menampilkan demontrasi, upacara parade dan defile yang melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari satu unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta,kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dan Puspomal dan Kowal, 1 SSY Bintara gabungan dari Koarmada I dan Kolinlamil,1 SSY Tamtama Gabungan dari Kolinlamil. Pushidrosal dan Seskoal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan dari Dislambair dan Puspenerbal,1 SSY Gabungan Kopaska dengan Taifib, 1 SSY

gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahan, Siswa Hang Tuah dan SMK Pelayaran Hangtuah.

Dalam memperingati hari jadinya kali ini,TNI Angkatan Laut akan menampilkan demontrasi beladiri gabungan yang terdiri dari: Kopaska Martial Art Koarmabar I,Aikido Kopaska Koarmabar I,Tim Karate Koarmabar I, Jiu Jitsu Panglikur,Taekwondo N-Lions.

Serta unsur KRI dan Ranpur Marinir antara lain: KRI Banjarmasin Satlinlamil Surabaya,KRI Rigel Pushidrosal,KRI Todak dan KRI unit Vampire,2 Unit RM 7 Grad, 2 Unit Nurinko,4 Unit BTR 4.

Pada kesempatan tersebut juga digelar Naval Base Open Day dengan kegiatan pameran alutsista TNI AL yang akan menampilkan kapal perang, kendaraan tempur (ranpur) Marinir dan Helly TNI AL. Selain itu juga digelar demo terjun payung oleh penerjun dari prajunt Kopaska dan Marinir, serta panggung hiburan dan bazar yang dibuka untuk masyarakat umum.

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved