Kamis, 27 September 2018 - 15:17:37 WIB
Wakasad Buka Pameran Lukisan, Pentas seni Dan Budaya Di Mall Alam Sutera
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HEADLINE


Tangerang, kabar-kini.com - Tepat Jam 9.31 WIB Wakasad Membuka Pameran Lukisan, Pentas seni Dan Budaya Dihadiri Para Pejabat TNI, Polri, Pemda Tangerang, dan Pendiri MURI Jaya Suprana, Yang memberikan Penghargaan Kepada TNI Agkatan Darat raih rekor MURI Dunia atas pencapaian "Pameran Lukisan Terbanyak" dalam rangka Hut ke 73 TNI 2018.

Sebanyak 1.312 lukisan berukuran sekitar 2x1,5 meter dipamerkan di Mall @Alam Sutera, Kota Tangerang, hingga akhir pekan mendatang.

Pendiri MURI, Jaya Suprana mengatakan, TNI sebenarnya mengajukan pemecahan Rekor MURI Indonesia. Namun, bila dilihat dari proses dan pencapaian yang dilakukan, TNI berhak mendapatkan rekor MURI Dunia.

Mohon maaf kepada pak Wakasad, saya tidak bisa mengabulkan permohonan untuk Rekor MURI Indonesia, melainkan dunia, "Ujar Jaya Suprana sebelum pemyerahan piagam rekor yang disambut gemuruh sorak sorai prajurit TNI yang hadir, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, baru TNI yang notabennya adalah prajurit mau menyatu dengan rakyat, melaksanakan manunggal TNI, dan menyalurkan minat dan bakat masyarakat. Sementara tentara di negara lain, sekalipun itu adalah negara adidaya, hanya sibuk mengamankan daerah teritorial negara ataupun perdagangan dunia. "Ini sisi humanis kita, menyatu dengan rakyat. Sementara tugas negara tidak dilupakan, "ujar Jaya.
Dia pun memberi tantangan bila dikemudian hari TNI akan memecahkan rekor lagi, yakni angkat tema "TNI dan masyarakat memerangi teroris"
Piagam MURI itu pun diterima langsung oleh Wakasad TNI AD Letnan Jendral TNI Tatang Sulaiman. Menurutnya, lukisan ini adalah karya pelukis-pelukis yang diasuh atau dibina oleh Komando Daerah Militer (Kodam) seluruh Indonesia.

Kodim dan Kodam mengakomodir dan menginventalisir hasil karya pelukis-pelukis ini dan terkumpul 1.312 lukisan. Makanya ini jadi pameran lukisan terbanyak," tuturnya.

Kemudian, tema yang diangkat para pelukis ini adalah bagaimana lewat budaya bisa menangkal radikalisme. Wakasad pun mengaku dibuat kagum dengan karya lukis yang dipamerkan, makanya dia berharap lukisan-lukisan bagus bisa dipajang di markas Kodim dan Kodam. Ini kan mereka melukiskan aktifitas TNI jadi sangat cocok bila dipajang di markas-markas kita di seluruh Indonesia, "ujarnya.

Sementara, TNI memberi uang binaan sebesar Rp 5 juta untuk juara ke empat yang diperoleh Harie Aminoto hasil binaan Kodam VI Kalimantan dengan tema "Sinegeritas TNI dengan Rakyat" Lalu juara tiga mendapat Rp 10 juta diperoleh pelukis Ahmad Soleh dari Kodam IV Diponegoro, dengan tema "Tolak Radikalisme"

Juara dua mendapat Rp 15 juta diperoleh pelukis asal Kodam XII Kalimantan Barat, yaitu Doan Marimba dengan tema "Bersama Rakyat TNI Kuat" Dan juara satu meraih Rp 20 juta diraih Kodam V Brawijaya dengan tema "Refreshing" yang diraih oleh pelukis Camil Handy.

Salah satu Pelukis menuturkan bahwa lama mengerjakan dalam waktu 5 jam dipotong Isoma, Ide lukisan dari pikiran tanpa lihat foto, "Ujar Pelukis

Pameran lukisan, pentas seni budaya serta pameran Alutsista ini digelar hari ini sampai 3 Oktober mendatang Gratis untuk semua masyarakat, (Waris).


    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved