Rabu, 28 November 2018 - 00:49:45 WIB
Prajurit Satlinlamil Jakarta Latihan SAR Di Laut
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL.

KABAR-KINI.COM, JAKARTA, LINDO - Latihan Search and Rescue (SAR) merupakan suatu kebutuhan satuan operasi. Melalui latihan ini, prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang terjadi, khususnya di laut. Dengan begitu, prajurit mampu bertindak dan melakukan penyelamatan apabila terjadi kecelakaan di laut.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada personel Satlinlamil Jakarta untuk lebih memantapkan dan meningkatkan kemampuan dan tindakan untuk penyelamatan apabila terjadi kecelakaan di laut,” kata Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Hery Winarno yang diwakili Perwira Staf Operasi (Pasops) Kolinlamil Letkol Laut (P) Erwin Baharudin, pada pembukaan Latihan SAR Triwulan IV, di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (27/11).

Dalam latihan tersebut, prajurit dibekali kemampuan teknis dan taktis penyelamatan di laut yang melibatkan instruktur dari Satuan Pasukan Katak (Satpaska) Koarmada I.

Materi yang disampaikan pada latihan ini, meliputi Sea Survival. Di antaranya pengenalan SAR, organisasi SAR di laut, komunikasi SAR di laut, Kesehatan SAR di laut, penyelenggaraan SAR di laut dan Prosedur pencarian di laut.

Selain itu, materi latihan juga berkaitan dengan teknik naik ke atas life craft dalam cuaca bergelombang serta teknik membalik life craft yang terbalik. Sedangkan materi SAR, diantaranya Materi dasar tentang SAR laut, teknik pencarian terhadap korban dan pertolongan pertama terhadap korban.

Latihan SAR diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan pembinaan kemampuan prajurit Satlinlamil Jakarta untuk meningkatkan profesionalisme prajurit. Sehingga pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki prajurit diharapkan dapat mendukung penugasan di kapal perang.

”Latihan SAR membutuhkan kesiapan fisik yang prima, karena banyak tantangan yang harus diatasi, dengan dilandasi oleh profesionalisme, semangat serta kesungguhan dalam melaksanakan latihan akan dapat dicapai latihan yang optimal,” terang Letkol Laut (P) Erwin Baharudin.

Pada kesempatan ini, Perwira Staf Operasi (Pasops) mengingatkan perlunya tindakan purba jaga yang komprehensif, guna mencegah terjadinya kecelakaan dan kerugian yang tidak kita inginkan. (War)

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved