Selasa, 10 September 2019 - 13:06:04 WIB
PERINGATI HARI JADINYA KE-74 TNI AL TAMPlLKAN ATRAKSI BELADIRI DAN GELAR NAVAL BASE OPEN DAY
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL.

Kabar-kini.com, Jakarta -Tanggal 10 September memiliki arti yang sangat panting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah, tanggal 10 September 1945 merupakan hari Iahirnya Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut), yang merupakan tonggak sejarah berdirinya TNI Angkatan Laut Dengan mengusung tema, "Barsama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju" Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 TNI AL akan melibatkan 1.134 personal dari Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal, Markas Komando (Make) Koarmada I, prajurit KRI jajaran Koarmada I Kolinlamil, Korps Marinir. Seskoal sorta Pushidrosal. Sedangkan puncak acara paringatan hari jadi TNI AL tersebut rencananya akan dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E MM. di Dermaga Pondok Dayung Koarmada I. Jakarta Utara. Selasa (10/9).

Sejarah Hari Jadi TNI Angkatan Laut, dimulai pada saat Pemerintah Indonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut) yang diprakarsal oleh mantan anggota Koninklijka Marine guru dan murid Sekolah Pelayanan Tinggi, Sekolah Pelayanan Rendah, pegawai dari Jawa Unko Keisha, Kaigun Hoiho den pemuda pecirm hut lainnya. Pembentukan BKR Laut inilah yang akhirnya menggetarkan organisasi dan perkumpulan
kemaritiman di Tanah Air untuk membentuk BKR Laut di daerah-daerah. Oleh karena itu. untuk menghormati jasa para pendiri BKR Bagian Laut. maka setiap tanggal 10 September ditetapkan sebagai hari lahirnya TNI Angkatan Laut.

Dalam peringatan HUT Ke-74 TNI AL Tahun 2019 ini. akan dilaksanakan penyematan penganugerahaan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun. Selain itu juga menampilkan demonstrasi upacara parade dan defile yang melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari 1 unit Korsik gabungan Mabesal. Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dari Puspomal dan Kowal. 1 SSY Bintara gabungan dari Koarmada I dan Kolinlamil. 1 SSY Tamtama Gabungan dari Kolinlamil, Pushidrosal dan Seskoal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan dari Dislambair dan Puspenerbal, 1 SSY Gabungan Kopaska dengan Taifib 1 SSK gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahari.

Dalam peringatan hari jadinya kali ini, TNI Angkatan Laut akan menampilkan demonstrasi demonstrasi gabungan yg terdiri dari Kopaska Martial Art Koarmada I, Aikido Kopaska Koarmada I, Tim Karate Koarmada l. Jiu Jitsu Dislambair Koarmada l, serta unsur KRI dan Ranpur antara lain: KRI Bung Tomo-357, KRI Sutanto-377, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376, KRI Sembilang-850, KRI Torani-860. KRI Teluk Cirebon-543 den 4 Unit BTR.

Pada kesempatan tersebut juga akan digelar Naval Base Open Day dengan kegiatan pameran Alutsista TNI AL yang akan menampiikan kapal perang dan helikopter TNI AL. Selain itu luga digelar demo terjun payung oleh penerjun dari prajurit Kopaska dan Marinir, serta panggung hiburan dan bazar yang dibuka untuk masyarakat umum.

Sebelumnya telah dilaksanakan pula herbagai rangkaian kegiatan di antaranya pengobatan umum yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada I, pengobatan massal dan donor darah bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta, dan bhakti sosial (Baksos) kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Koarmada I, serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Katibata dengan melibatkan 200 personel dan Koarmada I serta Lantamal lll Jakarta. (war)


    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved