Kamis, 05 Desember 2019 - 23:25:36 WIB
PANGLIMA KOLINLAMIL HADIRI PERINGATAN HARI ARMADA 2019
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL.

Kabar-kini.com, Jakarta, 5 Desember 2019 - Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. menghadiri Upacara Hari Armada RI Tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember, di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara, Kamis (5/12).

Upacara yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksdya TNI Mintoro Yulianto ini diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL wilayah Jakarta didepan deretan kapal perang jajaran Koarmada I. Sementara Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. memimpin upacara peringatan Hari Armada 2019 ini di Koarmada II Surabaya.

Kegiatan Hari Armada RI pada tahun ini, mengambil tema “"Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan".
Dalam acara peringatan hari Armada di Pondok Dayung dimeriahkan dengan beragam aksi dari para prajurit. Mulai dari simulasi penyelamatan teror hingga aksi bela diri. Nampak pula alutsista seperti kendaraan tempur mulai Kapal perang hingga tank pasukan marinir dihadirkan dalam peringatan Hari Armada 2019 tersebut. Sedangkan simulasi penyelamatan aksi terror oleh pasukan khusus Kopaska Koarmada I menjadi suguhan atraksi menarik bagi para hadirin.

Tidak luput pula tontonan aksi beladiri karate para prajurit yang memperlihatkan kemampuan prajurit Kowal dengan lincah dan kerasnya pukulan serta tendangan ke sasaran yang ditujukan kepada prajurit laki-laki.

Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut, pada hakekatnya lahir dan tumbuh bersama kelahiran TNI. Armada RI tidak pernah absen dalam usaha menegakkan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wakasal yang menyampaikan amanat Kasal mengatakan bahwa pelaksanaan upacara ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena mengingatkan kembali sejarah berdirinya Armada RI.

Perjalanan sejarah menunjukkan bahwa Armada RI telah tumbuh menjadi organisasi yang semakin besar dan didukung oleh berbagai jenis Alutsista, selanjutnya sesuai keputusan Presiden RI nomor 12 tahun 2018 telah dibentuk sejumlah satuan baru TNI di wilayah timur NKRI, termasuk Koarmada III di Sorong sebagai bentuk penataan gelar pasukan TNI dalam rangka membangun pertahanan negara yang kuat dan merata serta dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI.

"Dengan adanya organisasi TNI Angkatan Laut yang telah tergelar dalam tiga Armada dan karakteristik ancaman yang harus dihadapi maka diperlukan suatu postur kekuatan Koarmada yang optimal dengan tingkat kesiapan operasional yang tinggi. Hal inilah yang menjadi landasan dalam kebijakan pembangunan kemampuan dan kekuatan TNI Angkatan Laut ke depan. Upaya penataan gelar pasukan TNI perlu ditindaklanjuti dengan penetapan komando pelaksana di tiap-tiap Armada dan pembangunan sarana prasarana pendukungnya."

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan juga penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan kepada prajurit TNI Angkatan Laut sekaligus pemberian Piagam KRI teladan dan Lanal Teladan, sebagai penghargaan terhadap Prajurit TNI Angkatan Laut, atas kerja keras dalam mengabdikan diri dengan penuh ketulusan dan keikhlasan serta berhasil melaksanakan pembinaan terhadap satuan kerja.

Upacara Hari Armada RI tersebut diikuti oleh Kompi Gabungan Perwira Menengah dan Perwira Pertama TNI AL, satu batalyon Gabungan Kompi Kowal dan Polisi Militer Angkatan Laut, satu batalyon Gabungan Kompi Koarmada I dan Penyelam TNI AL, satu batalyon dari Unsur KRI Koarmada I, satu batalyon dari Marinir, satu batalyon Gabungan Kompi Lantamal dan Penerbang TNI AL, satu batalyon Gabungan Kompi Kopaska dan Taifib, dan satu batalyon Gabungan Kompi PNS Koarmada I, Pramuka Saka Bahari, Yayasan Nala dan SMA Hang Tuah. (Dispen Kolinlamil).

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved