Sabtu, 25 Januari 2020 - 10:50:27 WIB
Wihara Dharma Bhakti Glodok Gelar Semarak Imlek 2571
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HEADLINE


JAKARTA, KABAR-KINI.COM, Sebanyak 5.000 hingga 6.000 warga memadati Wihara Dharma Bakti atau Klenteng Kim Tek Le yang berada di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (25/1/2020). Ribuan warga memadati Klenteng bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2571.

Warga Tionghoa menggelar ritual membakar dupa disertai doa untuk para dewa. Peribadatan ini dinilai sakral karena merupakan jalan menuju keberkahan.

Pengurus Wihara Dharma Bakti, Lucas Tjang mengatakan, warga yang datang berasal dari berbagai daerah. "Dari H-1 sampai hari ini jumlahnya bisa lebih dari 5.000 atau 6.000 orang," katanya.

Lucas mengungkapkan, tidak hanya warga Indonesia, wisatawan mancanegara juga banyak yang berkunjung ke wihara bersejarah ini. Para turis itu datang untuk melihat langsung peribadatan di wihara sekaligus untuk objek fotografi.

"Iya ada wisatawan dari mancanegara," imbuhnya.

Aparat gabungan dari TNI-Polri tampak berjaga-jaga untuk mengamankan jalannya peribadatan warga Tionghoa. Sedangkan Satpol PP terlihat mengatur warga yang menunggu angpao.

Vihara Dharma Bhakti (Kim Tek Le) di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat,
sangat semarak jelang malam Imlek atau Tahun Baru China 2571 , yang mulai ramai dikunjungi umat Khonghucu yang berdoa, yang datang bersama keluarga, maupun pasangan.

Tampak ornamen khas Imlek seperti lampion, lilin dan patung dewa dewi terpasang rapi hingga wihara tersebut tampak semarak. Semua merah. Warna yang mewakili kegembiraan sekaligus pengharapan bahwa kesedihan dan kegelapan akan sirna berganti kebahagiaan.

" Shio tahun ini adalah tikus logam. Memaknai tahun ini tikus identik dengan binatang pekerja keras, ulet dan gesit," ujar Lucas Tjang, sukarelawan di Vihara Dharma Bhakti, saat di temui awak media

Kali ini Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili yang dilaksanakan pada Sabtu, 25 Januari 2020, bertemakan tentang kepemimpinan, yakni "Wibawa Kebajikan Menumbuhkan Takut Hormat. Gemilang Kebajikan Menumbuhkan Kecerahan".

Lucas pun menaruh harapan, "Semoga bangsa Indonesia tambah makmur, damai dan aman sentosa," tutur Lucas.

Menurut pantauan awak media beberapa menit jelang Perayaan Imlek 2571, terlihat Gubernur Jakarta Anies Baswedan berada di Wihara Dharma Bhakti, dan mengucapkan selamat tahun baru bagi masyarakat Tionghoa di Jakarta.

Menurut Lucas Tjang hal ini memang sudah terbiasa setiap tahun Guburnur sebelum sebelumnya selalu mengunjungi Wihara Dharma Bhakti.

" Karena Vihara Dharma Bhakti ini, merupakan salah satu vihara yang tertua di propinsi DKI Jakarta, yang saat ini sudah berumur 370 tahun ( kurang lebih sudah 4 abad lamanya)," pungkas Lucas.

Sedikit informasi setelah Tahun Baru Imlek, 15 hari kemudian ada lagi Cap Go Meh, dan nantinya penutupan di tanggal 8 Februari



    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved