Senin, 10 Februari 2020 - 21:46:01 WIB
1000 DAYS FUND PASANG 12.000 POSTER TINGGI BADAN DI 22 PULAU UNTUK PENCEGAHAN STUNTING DI INDONESIA
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HEADLINE



Kabar-kini.com, Jakarta, 10 Februarl 2020 Sebanyak 12.000 poster tinggi badan telah disebarkan di 22 pulau oleh 1000 Days Fund untuk upaya pencegahan stunting di lndonesia. Organisasi Kesehatan Dunia NVHO dan Bank Dunia mencatat 31% dari anak-anak lndonesia menderita stunting atau gagal tumbuh dan Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki angka prevalensi stunting tertinggi sebesar 43%. Stunting merupakan masalah kesehatan yang patut menjadi perhatian nasional. Pendistribusian poster tinggi badan, jika dilakukan secara massal, dapat memangkas angka stunting hingga 22%.

Sebanyak 9 juta anak di lndonesia menderita stunting. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara yang biasa diasosiasikan dengan masalah stunting, seperti Sudan Selatan. Comoros, dan Liberia. Hal ini menjadikan stunting sebagai salah satu kondisi krisis yang paling menyedihkan. Permasalahan stunting ini membutuhkan upaya penanggulangan yang terintegrasi antara pemerintah, LSM, kader/tenaga kesehatan, dan masyarakat. Meski demikian, pada dasarnya, stunting dapat dicegah dengan perilaku-perilaku sederhana.

"Stunting ini bukan sekedar masalah kesehatan dan gizi saja, walaupun utamanya memang kedua hal itu. Stunting juga berhubungan erat dengan masalah kebersihan dan sanitasi. pola asuh, literasi ibu terkait tumbuh kembang balita serta pola hidup sehari-hari. Karena itu, penanggulangan stunting harus dimulai dari tingkat rumah tangga,” demikian diungkapkan oleh dr. Siswanto, MHP, DTM, Kepala Badan Litbang Kesehatan dari Kementerian Kesehatan

Upaya yang sudah dilakukan dalam ranah rumah tangga ini salah satunya dari 1000 Days Fund. 1000 Days Fund memiliki sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mencegah stunting. Organisasi ini selama tahun 2019 telah berhasil mendistribusikan 12.000 poster tinggi badan di 22 pulau di lndonesia. Sebanyak 12.000 keluarga yang memiliki anak dengan usia di bawah dua tahun telah memasang poster tinggi badan yang sarat akan informasi bermanfaat.

Pendekatan 1000 Days Fund ini terinspirasi dari penelitian yang didanai Gates Foundation di Zambia yang menemukan bahwa poster tinggi badan dapat menurunkan prevalensi stunting sebanyak 22% di antara anak-anak yang sudah terkena stunting.

“12.000 poster tinggi badan adalah sebuah pencapaian yang penting bagi 1000 Days Fund, Ini merupakan awal yang baik dan kami terus berkomitmen untuk melakukan berbagai intervensi
dalam upaya pencegahan stuntmg di Indonesia,“ kata Valerie Krisni, Outreach Coordinator dari1000 Days Fund.

Poster tinggi badan dari 1000 Days Fund mampu membantu orang tua dan pengasuh memsualisasikan pertumbuhan anak, status pertumbuhan anak, dan target tinggi badan anak untuk usianya Poster tinggi badan ini didesain "oleh ibu untuk ibu" melalui serangkaian sesi rural di Indonesia. Poster ini jyga memuaf cara cara yang mudah diikuti para orang tua dan Pengasuh tentang perilaku dan pola asuh yang optimal dalam 1000 Days pertama kehidupan anak yang dimulai sejak dalam kandungan.

Selain intervensi utama kepeda Ibu dan pengasuh, 1000 Days Fund juga memberikan pengembangan dan peringatan kapasitas para kader Posyandu melalui program pelatian dan pendampingan yang berkesinambungan. Sebanyak 250 kader Posyandu telah mebgikuti rangkaian pelatihan dan program pendamptngan khusus tentang stunting.

Para kader menjadi salah satu ujung tombak melawan stunting di Indonesia. Mereka perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni agar bisa meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya melawan stunting di berbagai daerah di lndonesia, "kata Valerie.

1000 Days Fund terns berkomitmen untuk melakukan berbagai intervenss dan upayawpaya pemegamn stunting, mengidentifikasi tren-tren stunting, dan meianh kader posyandu dan zenega kesehatan baris depan untuk mencegah stunting. Target pencapaian ditahun 2020 adalah untuk mendistnbusikan 20.000 poster tinggi badan dan metanh 1.000 kader.

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved