Rabu, 20 Mei 2020 - 14:56:01 WIB
Gubernur Lemhannas RI Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun ke-55 Lemhannas RI Secara Daring
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL.

Kabar-kini.com, Jakarta - Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun ke-55 pada Rabu, 20 Mei 2020. Upacara dipimpin langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Agus Widjojo secara daring.

Pelaksanaan upacara HUT ke-55 Lemhannas RI dilaksanakan di Ruang Hening Gedung Astagatra Lemhannas RI. Upacara tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan pejabat, pegawai, serta peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 60 dan 61 dengan menggunakan masker dan menerapkan physical distancing.

Upacara yang bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional berjalan dengan lancar dan khidmat, meskipun dilaksanakan di tengah pandemi covid-19.

Menurut Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, tahun 2020 merupakan tahun krisis bagi Indonesia. Mulai awal tahun 2020, Indonesia dihadapkan pada beberapa tantangan, antara lain, konflik di Perairan Natuna dan bencana banjir yang melanda jabodetabek serta beberapa daerah lainnya. Kemudian, mulai Maret 2020 sampai saat ini, Indonesia dihadapkan pada pandemi global virus covid-19 yang berdampak pada kondisi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh sebab itu, HUT ke-55 Lemhannas RI mengangkat tema "Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Bangun SDM Unggul Indonesia Maju". Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan bahwa tema tersebut relevan dengan kondisi Indonesia saat ini.

"Tema ini memiliki relevansi dengan situasi dan kondisi nasional saat ini. Bersama tema ini dan dengan berlandaskan semangat kebangkitan nasional, Lemhannas RI ingin menumbuhkan kembali semangat
persatuan dan kesatuan dalam melawan virus covid-19,"ujar Agus.

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menambahkan, kondisi yang terjadi saat ini merupakan tantangan besar yang harus mampu dihadapi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Penyebaran virus Covid-19 dan penurunan ekonomi di Indonesia
merupakan tantangan besar yang harus mampu diantisipasi dan dihadapi. Oleh karena itu, kita perlu menumbuhkan kembali semangat gotong royong, yakni dengan dukungan dan apresiasi terhadap upaya pemerintah serta perjuangan tenaga medis dalam melawan virus Covid-19,” ujar Agus.

Masyarakat perlu mendukung upaya pemerintah, dengan mematuhi ketentuan untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk keselamatan diri sendiri, tetapi juga keselamatan semua orang dari penyebaran virus Covid-19.

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan bahwa para tenaga medis telah menunjukkan pengabdian terbaik kepada ibu pertiwi dalam melawan virus Covid-19. “Para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya telah memberikan pengorbanan yang paling berharga berupa jiwa dan raga. Oleh karenanya, sudah sepatutnya kita menundukkan kepala mengenang pengorbanan mereka. Pengorbanan mereka mengharukan, profesionalisme mereka menakjubkan," ujar Agus.

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyadari bahwa Covid-19 telah membawa
pembatasan dalam hidup, namun juga membawa hikmah, yakni dalam penggunaan teknologi informasi.

Banyak kegiatan lapangan dan kurikulum PPRA 60 dan 61 yang tidak dapat dilaksanakan, namun, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kualitas peserta didik. Hal itu disebabkan para tenaga pengajar dan peserta didik selalu memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di Lemhannas RI.

Menurut Agus, HUT ke-55 Lemhannas RI tahun ini memiliki makna tersendiri, karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah. Oleh sebab itu, momentum ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan intropeksi diri untuk menjadi manusia yang lebih lagi dalam segala hal.

Upacara HUT ke-55 Lemhannas RI merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT Lemhannas RI. Sebelumnya, panitia HUT telah melaksanakan lomba kebersihan yang dilaksanakan di lingkungan Lemhannas RI, penyerahan bantuan alat kesehatan kepada tenaga medis, lomba pegawai teladan, dan bakti sosial Perista berupa penyerahan buku.(Waris)

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved