Sabtu, 27 Juni 2020 - 02:10:11 WIB
SKB Empat Menteri Disiapkan Untuk Asosiasi Film Indonesia Dimasa New Normal
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HEADLINE




Kabar-kini.com, Jakarta - Para pekerja film sudah diizinkan kembali bekerja di lokasi syuting di masa new normal.

Saat ini pemerintah pusat sedang menyiapkan Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk memastikan mekanisme bekerja para sineas di lokasi syuting.

SKB disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI.


Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Kemendikbud RI Ahmad Mahendra mengatakan, surat protokol kesehatan untuk bekerja para sineas di lokasi syuting sudah dikeluarkan Kemenkes RI.

"Saat ini protokol kesehatan untuk fasilitas umum sebenarnya sudah bisa dipakai untuk syuting," kata Ahmad Mahendra berbincang, Jumat (26/6/2020) sore.

Ahmad Mahendra berbincang dalam Webinar Sinergi DFI Forum 2020 Mensiasati Promosi Film Nasional Saat New Normal.


Menurut Ahmad Mahendra, pihaknya sudah menggelar pertemuan dengan sineas seperti Deddy Mizwar hingga produser Manoj Punjabi untuk memulai syuting di masa new normal.

SKB empat menteri itu menyiapkan pedoman yang isinya untuk asosiasi film Indonesia.

"Syuting sudah bisa dilakukan. Nah, begitu SKB sudah keluar, ada mekanisme untuk memastikan (syuting) di lapangan (lokasi syuting) itu aman dan bisa dilakukan," kata Ahmad Mahendra.


Dian Munaf, Direktur CGV, menyatakan, jaringan bioskop CGV sudah menyiapkan 397 layar di seluruh Indonesia di masa new normal ini.

"Saat kami tutup karena mengikuti anjuran pemerintah. Kapan akan dibuka, kami juga menunggu arahan pemerintah," kata Dian Munaf.

Begitu ada surat edaran resmi dari pemerintah, terutama pemerintah daerah, jaringan bioskop CGV akan beroperasi kembali dengan mengikuti aturan kesehatan.

Dian Munaf hanya memastikan, dengan protokol baru saat ini tidak mungkin mengisi studio dengan jumlah penonton 100 persen.

"Bagi kami, pengelola bioskop, sekarang ini memberikan rasa percaya diri ke pecinta film yang senang nonton di bioskop untuk kembali datang ke bioskop," kata Dian Munaf.

Ia meyakinkan bahwa protokol kesehatan di bioskop sekarang ini aman dan memenuhi persyaratan kesehatan.


"Kami ingin menumbuhkan rasa percaya diri dulu ke penonton untuk datang ke bioskop," jelas Dian Munaf.

Apabila belum ada film baru, Dian Munaf akan memutarkan film yang sudah pernah ditayangkan sebelumnya alias re-run.

"Tentunya harga tiketnya menyesuaikan," kata Dian Munaf yang juga belum mengetahui film apa saja yang akan ditayangkan di bioskop di masa new normal.

Hadir pula pengusaha bioskop rakyat dan produser film Marcella Zalianti, aktris senior Niniek L Karim, Publicist Film Aris Muda, sutradara film Harry Dagoe Suharyadi, dan Direktur Balai Pustaka Dewananda.





    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved