Selasa, 30 Juni 2020 - 16:55:00 WIB
Jaga Stabilitas Keamanan Laut, Koarmada I Jamin Keamanan Objek Vital Nasional Bersifat Strategis
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL.


Kabar-kini.com, Untuk menjalankan tugas dalam menjaga keamanan dan keselamatan Objek Vital Nasional Strategis (Obvitnas), Komando Armada I yang dipimpin oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., melakukan peninjauan area strategis Obvitnas dengan menggunakan KRI Semarang-594 yang berlayar menuju Tanjung Kerawang dalam rangkaian Latihan Peperangan Laut Khusus 2020 di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Senin (29/6/2020).

“Dalam perjalanan daerah latihan ini, kita akan sempatkan meninjau salah satu daerah pengeboran lepas pantai yang merupakan Obyek Vital Nasional strategis,” ujar Pangkoarmada I.

Pelaksanaan peninjauan tersebut sesuai dengan tugas utama TNI dalam mengamankan Obvitnas yang bersifat strategis seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No.34 tentang TNI pasal 7. Komando Armada I bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan keselamatan Obvitnas yang bersifat strategis tersebut agar tetap berfungsi tanpa gangguan keamanan yang mengancam.

Dalam wilayah tanggungjawab Koarmada I khususnya di laut Jawa, mulai dari barat di utara Selat Sunda hingga timur Cirebon, terdapat berbagai Obvitnas seperti pengeboran minyak lepas pantai dan sistem pipanya, pelabuhan dan kawasan instalasi penting yang berada di bawah laut. Obyek tersebut jika ada ancaman dan gangguan maka bisa mengakibatkan bencana kemanusiaan dan pembangunan, kekacauan transportasi dan komunikasi serta mengganggu penyelenggaraan pemerintahan.

Pangkoarmada I juga menyebutkan ada beberapa gangguan yang berpotensi terjadi pada Obvitnas tersebut diantaranya gangguan keamanan, rusaknya infrastruktur dan pencemaran laut yang nantinya berdampak pada keberlangsungan hidup dan hajat masyarakat.

Pangkoarmada I juga akan memperkuat kesatuan Koarmada I dan menjaga semua perbatasan-perbatasan yang ada, khususnya wilayah pertahanan laut di wilayah pertanggung jawaban Koarmada I. Salah satu bentuk upaya pertahanan adalah dengan memperkuat pelatihan bagi personel, seperti kegiatan latihan operasi khusus bagi Komando Pasukan Katak (Kopaska) sebagai salah satu pilar tangguh dalam menjaga keamanan dan kedaulatan di perairan yurisdiksi nasional, yang salah satunya mampu diproyeksikan dalam pengamanan Obvitnas yang bersifat strategis tersebut, pungkasnya.

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved