Selasa, 22 September 2020 - 08:04:40 WIB
Dr Rimbawan : Tempe Memiliki Kandungan Protein nabati yang Tinggi
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HEADLINE





Jakarta, kabar-kini.com, Tempe seperti yang Anda ketahui merupakan salah satu varian makanan yang terjangkau, dan mudah di dapatkan. Terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan ragi. Hasil dari fermentasi ini akan membentuk jaringan putih, yaitu jamur Rhizopus oryzae, namun jangan salah jamur inilah yang membuat tempe memiliki kandungan protein yang baik.

Tempe juga salah satu makanan favorit untuk orang yang tidak mengonsumsi protein hewani. Kandungan protein nabati yang tinggi membuat tempe kaya akan kandungan berbagai lemak sehat seperti vitamin B2, niasin, folat, serta lemak tak jenuh lainnya.

Selain itu di dalam tempe juga terkandung mineral seperti kalsium, magnesium, zinc, zat besi, fosfor dan mineral baik lainnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Dr Rimbawan selaku pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang memaparkan sejumlah kandungan baik di dalam kedelai, bahan dasar dari tempe.

“Kedelai memang mengandung koarbohidrat, serat, lemak dan asam lemak dan tentunya protein,” tutur dr. Rimbawan sewaktu diskusi daring pada hari Senin.

Kandungan protein kedelai cukup tinggi yakni 16,6 gram, karbohidrat 9,9 gram, serat 6 gram, lemak 9 gram dan kandungan lain yang sangat bermanfaat jika dikonsumsi.

Kabar baik bagi Anda yang tidak bisa atau berusaha mengurangi kadar gula dalam setiap hidangan, pasalnya kedelai terhitung tanaman yang memiliki kadar gula yang rendah.

“Istilahnya kita sebut mempunyau indeks glikemik yang sangat rendah,” ucap Ketua Depatemen Gizi Fakultas Ekologi Manusia IPB tersebut

Bagi Anda yang sedang dalam program diet ada kabar baik juga, pasalnya jika kadar gula tidak cepat naik maka dapat mengendalikan berat badan. Jadi untuk Anda yang kini sedang dalam program menurunkan atau menjaga berat badan agar tetap stabil mengonsumsi tempe atau makanan yang berbahan dasar kedelai bisa di jadikan varian menu yang sehat.

Lebih jauh membahas mengenai kedelai, kandungan B9 atau folate yang dikategorikan tinggi memiliki peranan penting dalam tubuh, apalagi bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Berbagai kandungan gizi baik dalam biji kedelai tentunya memiliki potensi besar dalam dunia kuliner, pasalnya sudah banyak varian menu makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai. Misalnya tempe, tahu, ataupun susu kedelai.

Dengan bahan dasar yang mudah di dapat dan harga yang relatif terjangkau, membuat tempe bisa merambah konsumen dari berbagai strata di dalam lapisan masyarakat.

Bahkan tempe yang menjadi salah satu warisan kuliner asli Nusantara kini begitu mendunia. (red)


    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved