Connect with us

Nasional

Pangkalan TNI AL Palembang Laksanakan Evakuasi Tenggelamnya Kapal Crane Base FC Ark Shiloh di Perairan OB Muara Sungsang

 

Fokusindonesia.com, TNI AL, Palembang, 28 Desember 2022,– Telah terjadi peristiwa tenggelamnya Kapal (Flaoting Crane) FC Ark Shiloh yang berada pada titik koordinat 02’06.354′ S – 105’00.219’E yang sedang sandar di MV STL Miracle, diakibatkan oleh cuaca buruk dan ombak besar.

Kronologi kejadian, Kapal FC Ark Shiloh pada saat kejadian sedang berlabuh di MV STL Miracle dikarenakan cuaca buruk dan ombak  besar. Sekitar pukul 04.00 Wib, Kapal FC Ark Shiloh mengalami kebocoran dibagian balas kanan, pada saat kapal sudah keliatan miring ABK FC Ark Shiloh dan MV STL Miracle sudah berusaha membuang air dengan menggunakan pompa dan alkon tetapi tidak bisa mengatasi. Pada pukul 05.30 Wib, kapal semakin miring dan seluruh ABK FC Ask Shiloh di Evakuasi ke MV STL Miracle. Pada pukul 06.10 Wib, Kapal FC Ask Miracle tenggelam dititik Koordinat 02’06.354′ S – 105’00.219′ E.

Begitu menerima laporan adanya peristiwa ini, jajaran Binpotmar Sungsang segera mendatangi TKP bersama Polairud Polda Sumsel dan KPLP Sungsang untuk melaksanakan SAR kapal yang tenggelam bersama  Satpolairud Polda Sumsel dan segera melaporkan ke Komando Atas.

Setelah dilaksanakan pendataan diperoleh informasi data kapal, Nama Kapal FC Ark Shiloh, Pemilik PT. Armada Rock Karunia Transshipment, Agen PT. Tri Elang Indo Maritim, Tonage Tug Boat 1594 GT, Jenis Kapal Tug Boat/Barge (Tongkang), Kebangsaan Indonesia, Tahun Pembuatan 1982, Nakhoda Otniel, Jumlah ABK 36 Orang, Penumpang Nihil.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan untuk kerugian materil 1 (satu) unit Tugboat FC Ask Shiloh tenggelam.

Saat ini seluruh ABK Kapal dievakuasi ke Kantor PT. Tri Elang Indo Maritim Palembang.

Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., mengapresiasi kesigapan jajarannya dalam merespon dengan cepat dan memberikan bantuan evakuasi di wilayah kerjanya.

“Upaya evakuasi yang dilakukan tersebut merupakan implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut, yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun Alutsista untuk membantu dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti SAR,” ujar Komandan Lanal Palembang.

(Pen Lanal Palembang)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional