Connect with us

Nasional

Akhiri Ramadhan, Danlantamal XII semarakkan Festival Meriam Karbit Kota Pontianak Tahun 2023

Pontianak, TNI-AL, Lantamal XII*, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto turut hadir dalam Seremonial Pembukaan Festival Meriam Karbit Kota Pontianak Tahun 2023 di Jalan Tanjung Harapan Gg. Muhajirin Banjar Serasan Pontianak Kalimantan Barat, Kamis (20/04/2023).

Sebanyak 180 balok meriam menyemarakkan festival di sepanjang sungai Kapuas akhir dari bulan Ramadhan dan siap menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah melalui Festival Meriam Karbit.

Meriam tersebut terbuat dari kayu dengan diameter 50 sampai 70 centimeter dan memiliki panjang 5 sampai 6 meter kemudian dihias sedemikian rupa agar terlihat estetik. Bahan yang digunakan untuk meledakkannya yaitu karbit dan akan menghasilkan suara yang menggelegar.

Festival Meriam Karbit mengingatkan warga kepada sejarah serta mencerminkan makna keberanian. Tradisi ini biasa dilaksanakan padah akhir bulan Ramadhan dan khas milik Pontianak.

3 tahun lamanya masyarakat Pontianak menantikan Festival Meriam Karbit ini karena terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2019 yang vakum disebabkan pandemi Covid-19. Maka festival tahun ini diselenggarakan dengan sangat meriah yang mengusung tema bebas dan mempereburkan hadiah total 44 juta Rupiah.

Dalam Festival Meriam Karbit Kota Pontianak Tahun 2023 ini dihadiri jajaran Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat dan Forkopimda Kota Pontianak, Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Pontianak, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dispen Lantamal XII

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional