Connect with us

Kabar Botabek

Babinsa Kelurahan Jati Raden Bersama Warga Rawa Dolar Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air

Fokusindonesia.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Babinsa Jati Raden Koramil 02/Pondok Gede Kodim 0507/Bekasi Serda Lilik Irawan Bersama Warga masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan selokan bertempat di Jl.Rawa Dolar Rt.02/Rw.05 Kel.Jatiraden, Kel.Jatiraden, Kec.Jatisampurna, Kota Bekasi, Senin (9/1/2023).

Terlihat di lokasi mereka bergotong royong melakukan pembersihan (pengerukan) tanah pada saluran air (parit) sepanjang Jalan Rawa Dolar yang mengalami pendangkalan, yang mengakibatkan saluran tidak berfungsi dengan baik sehingga sering meluap dan banjir ketika hujan deras.

Babinsa Kelurahan Jati Raden Serda lilik mengatakan, pembersihan ini harus segera dilakukan, mengingat kondisi saluran air tidak berfungsi dengan baik yang bisa mengakibatkan terjadinya banjir. “Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan sering terjadi banjir jika hujan turun, apalagi saat ini memasuki musim penghujan,” terang Serda Lilik Irawan.

Serda Lilik Irawan menerangkan jika jalan dan lingkungan serta saluran air perlu dijaga. “Bukan hanya jalan dan lingkungan, saluran air juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di saluran air atau drainase seperti ini, terlebih apabila terjadi banjir dan genangan air berpotensi menjadi sarang nyamuk. Oleh karena itu saya berharap warga tidak lagi membuang sampah sembarangan,” tegas Lilik.

Sementara itu, Danramil 02/Pondok Gede Mayor Inf Akhmad, menjelaskan, bahwa keberadaan Babinsa dalam masyarakat harus memiliki manfaat bagi masyarakat. “Babinsa harus bisa mencarikan solusi bagi masyarakat, dalam mengatasi masalah yang ada di masyarakat, serta membantu tenaga maupun pikiran, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk senantiasa membiasakan hidup bersih dan sehat, serta mampu membantu mengatasi kesulitan masyarakat binaannya,” terang Danramil 02/Pondok Gede Mayor Inf Akhmad.

Kegiatan kerja bakti Babinsa bersama masyarakat, diapresiasi oleh Ketua Rw 05 Bapak Junaidi dan Ketua Rt.02 Bapak Asep, Menurutnya peran Babinsa ditengah-tengah warganya sangat penting untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat. “Karena saluran air/drainase tersebut merupakan salah satu akses pembuangan air dari rumah rumah dan pekarangan warga, sehingga sangat vital sekali jika drainase tidak berfungsi, dampaknya bisa di pastikan akan menyebabkan banjir karena salurannya tidak jalan,” jelasnya.

Selain melakukan perbaikan drainase, kerja bakti bersama warga dan Babinsa tersebut, juga menyasar pada pembersihan jalan di sekitar drainase. “Sehingga lingkungan tersebut semakin bersih dan sehat,” pungkasnya. (Sumber Kodim 0507/Bekasi).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Kabar Botabek