Connect with us

Nasional

Bakamla RI Terima Kunjungan Mahasiswa UI dan Charles Darwin University

 

Fokusindonesia.com,Jakarta, 10 Februari 2023 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard)—Direktorat Hukum Bakamla menerima kunjungan 14 mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan Charles Darwin University (CDU) School of Law di ruang Puskodal Mabes Bakamla RI, kemarin.

Penyuluh Hukum Ahli Madya Kolonel Bakamla Suharsono,S.H., menyambut dengan penuh kehangatan kedatangan mahasiswa UI yang diketuai Arie Afriansyah dan CDU School of Law yang ketuai Professor David Price. Dijelaskan Arie Afriansyah, tujuan dilaksanakan kunjungan ini adalah sebagai studi banding dan keinginan lebih dekat akan tugas pokok dan fungsi Bakamla RI sebagai Indonesian Coast Guard. “Terlebih, sistem pemantauan yang dimiliki Bakamla,”ujar Arie Afriansyah.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Bakamla, mendapatkan kunjungan dari mahasiswa terlebih keinginan tahuan tugas dan fungsi Bakamla dalam memantau keamanan dan keselamatan laut Indonesia. Ini merupakan titik tolak yang saat baik bahwa Bakamla mulai dikenal dari kalangan mahasiswa,”ujar Kolonel Bakamla Suharsono.

“Semoga apa yang nantinya dipaparkan oleh personel Bakamla dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada mahasiswa UI dan CDU,”ungkap Kolonel Bakamla Suharsono.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Mayor Bakamla Ayu Bulan Tisna, S.H., M.Si. selaku Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Muda, yang memberikan materi tentang tupoksi Bakamla serta rencana kedepan yang akan dilaksanakan Bakamla, seperti pembangunan Sistem Peringatan Dini dan Patroli Bersama Keamanan dan Keselamatan Laut Nasional yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Kemudian dilanjutkan, paparan dari Kapten Bakamla Demo Putra, S.T.,M.Eng. selaku Statistisi Ahli Muda KPIML yang menyampaikan materi tentang sistem pantauan keamanan dan keselamatan laut. Sistem ini harus terhubung dengan baik antara Puskodal dan Kapal Negara Bakamla agar informasi yang disampaikan tepat dan akurat sehingga dapat terciptanya keamanan dan keselamatan laut di Indonesia.

Terlihat antusias dari mahasiswa dengan banyaknya lontaran pertanyaan maupun studi kasus pelanggaran yang terjadi di perairan Indonesia yang disampaikan.

Tampak hadir Kepala Puskodal dan IMIC Bakamla Kolonel Bakamla Asep Budiman.(Humas Bakamla RI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional