Connect with us

Nasional

Cegah dan Monitor Penyakit Tidak Menular, Yonkes Divif 2 Kostrad Laksanakan Posbindu PTM

Jakarta. Prajurit beserta keluarga Batalyon Kesehatan 2/ Divif 2 Kostrad melaksanakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) yang bertempat di Kantor Posbindu PTM Yonkes 2 Kostrad.

Hal tersebut disampaikan Danyonkes 2/ Divif 2 Kostrad Letnan Kolonel Ckm drg. Agung Siswanto. Sp. KGA dalam rilis tertulisnya di Yonkes 2 Kostrad, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Kamis (16/3/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan secara bergantian 1 (Satu) Bulan sekali dari masing – masing Kompi, sehingga kegiatan dan pemantauan dapat lebih efektif dan lebih terpantau.

Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Kegiatan Posbindu PTM menyasar pada kalangan usia produktif usia 15-59 tahun, untuk diajak ikut serta dalam kegiatan Posbindu dalam rangka deteksi dini dan skrining kesehatan untuk usia produktif, sehingga kejadian PTM di masyarakat khususnya di lingkungan asrama dapat dihindari.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem lima meja yang terdiri dari meja 1 pelayanan registrasi dan administrasi, meja 2 wawancara faktor risiko PTM, meja 3 pengukuran berat badan, tinggi badan, IMT, lingkar perut, meja 4 pemeriksaan, yaitu kegiatan memeriksa tekanan darah, kadar glukosa darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida darah, pemeriksaan klinis payudara dan fungsi paru sederhana dan meja 5 konseling serta edukasi.

Danyonkes 2/ Divif 2 Kostrad Letnan Kolonel Ckm drg. Agung Siswanto. Sp. KGA menyampaikan bahwa Kegiatan Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) ini sangatlah penting dimana salah satu program ini sebagai tindakan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, maka dari itu saya memerintahkan agar kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh prajurit dan keluarga Batalyon Kesehatan 2/Divif 2 Kostrad. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional