Connect with us

Nasional

CEK KEMAMPUAN FISIK PRAJURIT, KOLINLAMIL GELAR TES KESAMAPTAAN JASMANI

Fokusindonesia.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 7 Februari 2023 — Kesamaptaan merupakan suatu keadaan siap siaga yang dimiliki oleh seseorang baik secara fisik, mental, maupun sosial dalam menghadapi situasi kerja yang beragam. Berdasarkan hasil suatu penelitian, orang yang menjaga kesamaptaan jasmani dengan melakukan olah raga secara teratur rata-rata menunjukkan perbaikan level kebugaran. Perbaikan itu ternyata juga membantu meningkatkan kualitas ketajaman mental seseorang dalam mendukung pelaksanaan tugasnya. Menilik dari hal tersebut, dalam rangka mengukur kemampuan fisik prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Kolinlamil, Dinas administrasi dan personel Kolinlamil menggelar tes kesamaptaan jasmani yang dilaksanakan di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (7/2).

Tes kesamaptaan jasmani ini dilaksanakan setiap enam bulan sekali dan mutlak diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil. Tes kesamaptaan yang diuji dibagi dalam 2 golongan yaitu Baterai A yakni lari 12 Menit dan Baterai B yang terdiri dari Pull Up, Shit Up, Push Up dan Shuttle Run atau berlari membentuk angka 8 dengan penilaian disesuaikan dengan usia peserta. Sebelum melaksanakan tes terlebih dahulu dilaksanakan cek tensi tekanan darah untuk memastikan peserta tes kesamaptaan jasmani dalam keadaan sehat. Sesuai instruksi Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan tes kesamaptaan jasmani wajib diikuti oleh prajurit dan PNS Kolinlamil secara periodik. “Harus maksimal namun tetap harus sadar diri dengan kondisi dan kemampuan pribadi masing-masing.” pesannya.

Kepala Dinas Administrasi dan Personel Kolinlamil Kolonel Laut (KH/W) Angesti Udiati yang turut hadir menyaksikan pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani menyampaikan bahwa hasil tes ini akan dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pembinaan karier prajurit dan menjadikannya tolak ukur untuk mempersiapkan fisik dan jasmani bagi yang akan melaksanakan Pendidikan. Oleh karena itu diharapkan seluruh prajurit dan PNS Kolinalmil yang melaksanakan tes agar bersungguh sungguh dengan tetap mengutamakan unsur keselamatan.

Hasil akhir dari pelaksanaan tes kesemaptaan jasmani yang rutin dilaksanakan ini adalah terciptanya kondisi fisik yang prima bagi prajurit dan PNS Kolinlamil sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugasnya dengan baik. Sesuai penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa setiap personel yang akan melaksanakan cuti tahunan selain sudah melaksanakan uji pemeriksaan kesehatan (urikes) juga sudah melaksanakan tes kesamaptaan jasmani. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional