Connect with us

Nasional

Dandim 0502/JU Hadiri Undangan Pembinaan Komponen Cadangan Dimasa Tidak Aktif.

Fokusindonesia.com, Kodam Jaya – Jakarta Utara. Pasukan Komponen Cadangan ( Komcad ) yang dibentuk oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia merupakan pasukan cadangan untuk membantu perkuatan TNI dibidang Pertahanan Negara.

Saat ini setelah di didik dan dibentuk secara resmi pasukan Komcad tersebar di seluruh wilayah Indonesia. dalam tahap lanjutan maka Kementrian Pertahanan melakukan pembinaan anggota komcad dimasa tidak aktif, yang digelar di PT Ridho Agung Mitra Mandiri, Jalan Kapuk Kamal Raya nomer 32 Penjaringan Jakarta Utara Kamis ( 16/3/2023 ).

Dipimpin Direktur Sumber Daya Pertahanan ( SDP ) Ditjen Pothan Kementrian Pertahanan Brigjen TNI Fahrid Anwar SH, mengatakan bahwa tujuan pembinaan terhadap anggota Komponen cadangan ini adalah untuk memperkuat pertahanan Negara, nusa dan bangsa.sesuai araturan perundangan bahwa konsep ini merupakan pembinaan dimasa tidak aktif, salah satu fungsi Kemhan melaksanakan pembinaan administrasi terutama masalah data identitas anggota Komcad, mulai dari data tempat tinggal yang terbaru, pekerjaan status pernikahan.
Regulasi baru ada undang-undang no 23 kan hal-hal yang perlu dievaluasi dan ada perubahan-perubahan mungkin yang bisa dirubah dalam waktu cepat, agar terjalin erat antara anggota komcad dengan Kemhan dalam rangka pembinaan personil terutama secara administrasi.
Kemhan merencanakan akan membangun pangkalan Komcad di Jakarta dan akan koordinasi dengan Korem dan Kodim terkait lahan yang luas untuk bisa membangun gudang gudang. Rindam saat ini sdh ada alat komunikasi sebanyak 60 radio dan 1 repiter, Tiga bulan latihan Komcad agar bisa menjadi roll model shg mempunyai kesadaran bela negara dan aksi nyata bela negara yang tinggi kemudian sebagai motor penggerak dalam mewujudkan integrasi persatuan Bangsa, pungkas Brigjen TNI Fahrid Anwar SH.

Selaku pemangku wilayah Teritorial kota administratif Jakarta Utara, Dandim 0502/Jakarta Utara Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang MIR, MMAS, Ph D, FHEA menyampaikan bahwa acara Pembinaan Komponen Cadangan dimasa tidak aktif ini sangat perlu dilakukan, mengingat bahwa anggota Komponen cadangan merupakan aset Negara yang bertugas membantu TNI manakala terjadi gejolak, jelas Dandim Frega.

Dihadiri 33 orang peserta diantaranya
Direktur SDP Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H, Marsda Sujadiyono, Tim J-Forces, Dandim 0502/JU, Kolonel Inf. Frega Wenas Inkiriwang, MIR., MMAS., Ph.D., FHEA, Kasubdit Tukbin Kemhan Kolonel Inf Ferry Firmansyah, S.H, Kasiter Korem 052/Wkr, Kolonel Arm Mulyadi, Letkol (Adm) Sulistiyana serta beberapa pejabat lainnya, acara pembinaan Komponen cadangan ini dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari Kemhan kepada pejabat PT Ridho Agung Mitra Mandiri dan dilanjutkan foto bersama.

Sumber Pendim 0502/JU.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional