Connect with us

Uncategorized

Danlanal Banjarmasin Melepas Peserta Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-74 Tahun 2023

TNI AL, Banjarmasin,- Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., melepas 350 orang dalam 75 regu Peserta Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-74 Tahun 2023, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (14/5/2023).

Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Disjarahal) Laksma TNI DR. Hariyo Poernomo, M.M., M.Tr. Opsla., M.Han., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Lanal Banjarmasin, menyampaikan bahwa Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang secara khusus menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian dimasa lampau yang memiliki keterkaitan dengan manusia dan peradabannya, salah satunya Perjuangan Pahlawan Nasional H. Hassan Basry yang berhasil memproklamasikan kedudukan Kalimantan sebagai bagian dari Republik Indonesia pada 17 Mei 1949 atau yang dikenal Proklamasi Kalimantan.

“Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena dengan berdirinya bangsa ini kita bisa menikmati kemerdakaan sampai saat ini berkat perjuangan pahlawan kita” geloranya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa perjuangan untuk negeri dan banua ini masih belum berakhir, selama bangsa ini masih ada, maka tantangan dan perjuangan masih tetap berlanjut meski dalam ruang, waktu, dan dimensi yang berbeda.

Sebelum pelepasan peserta Napak Tilas, Bupati Hulu Sungai Selatan menyerahkan naskah Teks Proklamasi 17 Mei 1949, yang akan dibawa peserta napak tilas mulai malam ini sampai dengan pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Proklamasi Kalimantan di Monumen 17 Mei 1949 Mandapai.

Turut hadir dalam kegiatan, Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.A.P., Sekda Hulu Sungai Selatan Drs. Muhammad Noor, M.A.P.,
Wakil Ketua MUI Ustadz Zaki Mubarak, Lc., Palaksa Lanal Banjarmasin Mayor Laut (P) Muhammad Arif, Dandenpomal Lanal Banjarmasin Mayor Laut (PM) Bayu Istiyoko, Pasintel Lanal Banjarmasin Mayor Laut (E) Adri Nira, SKPD Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Jajaran Forum Komunikasi Pimpiman Daerah Hulu Sungai Selatan, dan Para Pejabat Lingkup Pemkab Hulu Sungai Selatan.

(Pen Lanal Banjarmasin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Uncategorized