Connect with us

Nasional

Danlantamal I Hadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Lilin Toba Tahun 2022

Fokusindonesia.com, TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo yang diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Toba Tahun 2022 di Lapangan Lanud Suwondo, Medan, Sumatera Utara, Kamis (22/12/2022).

Adapun susunan pasukan terdiri dari Pasukan Gabungan TNI, Personel Kepolisian, Dishub, Satpol PP, hingga Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Anggota Pramuka. Selain itu, sejumlah kendaraan dinas operasional dari masing-masing instansi turut memeriahkan dan berada di lapangan apel. Operasi Lilin Toba tahun 2022 resmi digelar, ditandai dengan penyematan pita sebagai tanda operasi secara simbolis oleh pimpinan apel dalam hal ini Kapolda Sumatera Utara kepada perwakilan personel yang terlibat.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak membacakan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dimana apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana.

“Polri dengan dukungan TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas serta stakeholder lainnya akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ops Lilin Toba 2022 selama 11 hari mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 02 Januari 2023 serta dilanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai tanggal 03 Januari 2023 sampai dengan tanggal 09 Januari 2023 “, ujar Kapolda Sumatera Utara.

Disamping itu, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin Toba 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat diselesaikan, oleh sebab itu perlu diperkuat sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Kepada seluruh personel Pengamanan, Kapolri meminta agar menjadikan Pam Nataru sebagai sebuah kebanggaan, oleh karena itu laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, profesional, humanis dengan memahami tugas masing-masing.

Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo melalui Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sugianto S.Sos., mengatakan bahwa seluruh jajaran personel Lantamal I bersinergi bersama jajaran TNI, Polri dan Forkopimda Kota Medan serta Sumatera Utara telah siap mengamankan Perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 serta menciptakan kondisi Kota Medan dan Belawan khususnya serta Sumatera Utara umumnya untuk selalu dalam keadaan kondusif dan aman terkendali bersama seluruh komponen masyarakat.

Kegiatan tersebut diatas selaras dengan perintah harian Kasal yaitu “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju senergitas dalam kesemestaan”.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. R.Z Panca Putra SImanjuntak, Wakapolda, Kabinda Brigjend TNI Asep Jauhari, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., Kodam I/BB, Kosek I Medan, Lanud Soewondo, Kepala Kejaksaan Sumatera Utara dan instansi lainnya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta Tokoh Adat.

(Dispen Lantamal I)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional