Connect with us

Nasional

DANLANTAMAL III IKUT SERTA MELEPAS EKSPEDISI JALA CITRA 3 FLORES DI DERMAGA KOLINLAMIL

 

TNI AL-Dispenlantamal3,- Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. mengikuti pelepasan keberangkatan ekspedisi Jalan Citra 3 dalam rangka Peringatan Hari Hidrografi Dunia tahun 2023 dengan tema ungkap fitur lantai Samudera serta karakteristik kolom air laut Flores guna keselamatan pelayaran, pertahanan, dan pembangunan kelautan berkelanjutan di Mako Kolinlamil Jakut, Rabu(29/03/2023).

Kegiatan yang dipimpin Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) Laksamana Madya TNI Nur Hidayat, S.H., M.A.P. ini merupakan kelanjutan dari ekspedisi Jalan Jenderal 22 Bandar yang merupakan bukti nyata sinergitas dalam sebuah kolaborasi penelitian antara TNI Angkatan Laut dengan para peneliti dari kementerian dan lembaga akademisi dari Universitas maupun institusi terkait.

Dalam sambutan Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali yang dibacakan Komandan Pushidrosal mengatakan,” Ekspedisi kali ini akan menggunakan unsur peta laut yaitu Kairis dengan pemilihan lokasi ekspedisi Jalan Citra 3 2023 di laut Flores dengan memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai aspek bidang geografi, bidang hidrografi geologi geofisika geososial metrologi dan osionografi serta aspek pertahanan dan keamanan,” pungkasnya.

Lebih lanjut dikatakan,” Ekspedisi ini akan menunjukkan peran dan kontribusi ilmu hidrografi untuk mewujudkan digital twin kondisi laut Indonesia khususnya di laut Flores yang selaras dan merupakan kembar identik antara kondisi laut sebenarnya dengan kondisi laut yang direkam dalam kelautan Indonesia,” imbuh kasal.

Hal ini diharapkan dapat mendukung program pembangunan kelanjutan 2021 hingga 2030 yang di tanamkan perserikatan bangsa-bangsa (PBB) sekaligus untuk memeriahkan Hari Hidrografi Dunia tahun 2023.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional