Connect with us

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA DAMPINGI WAASPERS KASAL MENINJAU SELEKSI TES PSIKOLOGI CABA DAN CATA PK TNI AL GEL II TAHUN 2023

Kabar-kini.com, TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Lantamal III Jakarta mendampingi Wakil Asisten Personalia Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksma TNI Dery Triesananto Suhendi, S.E., M.Tr.Opsla. meninjau seleksi tes psikologi calon Bintara (Caba) dan calon Tamtama (Cata) prajurit karier (PK) TNI Angkatan Laut gelombang II tahun 2023 bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Kamis (24/08/2023).

Waaspers Kasal dalam kesempatan terpisah mengatakan “Tes psikologi bertujuan untuk mengetahui dan mengukur secara mendalam menyangkut kecerdasan, karakteristik dan kepribadian para calon prajurit TNI Angkatan Laut dalam menangani suatu masalah, menghadapi sebuah kasus dan kemampuan problem solving yaitu mengidentifikasi dan menemukan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Kemampuan problem solving atau kemampuan memecahkan masalah sangat penting dan dapat mengasah berbagai macam keterampilan dan meningkatkan profesionalitas seseorang dalam bekerja”.

Terkait dengan pelaksanaan tes psikologi Danlantamal III Jakarta mengatakan “Manfaat seleksi tes psikologi adalah untuk menyeleksi para calon prajurit TNI Angkatan Laut yang berkualitas dan memenuhi persyaratan sesuai yang ditentukan. Tes psikologi dilakukan untuk menguji para calon dan hasilnya digunakan sebagai bahan referensi untuk mendeskripsikan beberapa aspek psikologi yang dapat membantu mengenal karakteristik sesuai dengan yang dipersyaratkan”.

Manfaat tes psikologi adalah untuk mengukur potensi kecerdasan, mengenali karakter dan kepribadian, memprediksi performa kerja, mengetahui dan menempatkan sesuai dengan bidang pekerjaan serta membantu mengenali kondisi psikodinamika atau mental para calon prajurit TNI Angkatan Laut.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in TNI AL