Connect with us

Nasional

Danlantamal XII Pontianak Pimpin Upacara HUT Ke-77 Polisi Militer Angkatan Laut

TNI AL, Lantamal XII,- Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto, bertindak sebagai Irup pada Upacara Bendera sekaligus membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., pada peringatan HUT Ke-77 Polisi Militer Angkatan Laut di Lapangan Apel Mako Lantamal XII Pontianak, Jalan Raya Wajok Hilir KM. 17, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (20/2/2023).

Sebagai Inspektur Upacara, Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto, membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut, “Peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Militer Angkatan Laut ini merupakan tonggak pengingat atas pengabdian terbaiknya selama 77 tahun. Momentum ini sekaligus sebagai wahana untuk mengevaluasi diri dalam menilai sejauh mana pengabdian dan kinerja militer Angkatan Laut dalam organisasi TNI Angkatan Laut,” ucap Danlantamal XII.

“Dinamika perkembangan global seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi seluruh tatanan kehidupan masyarakat, tidak terkecuali tata nilai sosial dalam lingkungan internal TNI Angkatan Laut. Kita sebagai Abdi Negara dituntut untuk turut serta dalam mereduksi dampak negatif arus teknologi informasi, dengan meningkatkan kewaspadaan guna menjaga stabilitas nasional. Perubahan tatanan kehidupan dalam masyarakat ini diharapkan tidak berdampak negatif terhadap pola pikir, pola tindak dan motivasi personel TNI Angkatan Laut dimana pun berada dan bertugas, militansi, semangat juang dan motivasi serta daya saing Prajurit Matra Laut,” lanjutnya.

Lebih lanjut Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan bahwa Institusi Pomal sebagai penegak disiplin, tata tertib dan hukum prajurit Matra Laut harus dapat menunjukkan eksistensinya dalam pengamanan fisik baik material dan personel, terutama mewaspadai mencegah dan menangani berbagai bentuk pelanggaran prajurit yang disebabkan karena dorongan situasi yang kita hadapi dewasa ini.

“Hal ini tentunya senada dengan tema HUT Pomal yang diangkat yaitu “Polisi Militer Angkatan Laut sebagai pelopor penegak hukum, disiplin dan tata tertib siap bersama sama mewujudkan Prajurit TNI AL yang unggul, professional dan tangguh,” sebagai pelopor penegak disiplin, setiap individu Prajurit Pomal diharapkan mampu menjadi teladan dan panutan serta mampu sebagai pelindung dan pengayom bagi Prajurit,” lanjutnya membacakan amanat Kasal.

“Pomal diharapkan mampu menjadi teladan dan panutan serta mampu sebagai pelindung dan pengayom bagi Prajurit lainnya dalam hal kedisiplinan dan tertib hukum demi terlaksananya pelaksaan tugas sesuai dengan norma dan peraturan yang berlaku. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan prajurit yang berdedikasi, kredibel dan profesional serta memiliki tekat yang kuat untuk terus berbenah diri,” sambungnya.

Pada peringatan HUT Ke-77 Polisi Militer Angkatan Laut ini, Kepala Staf Angkatan Laut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kinerja organisasi Puspomal dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut secara keseluruhan dan memberikan kontribusi positif dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya mengharapkan Polisi Militer Angkatan Laut berpartisipasi aktif mewujudkan TNI sebagai Patriot NKRI dalam upaya mendukung progam pemerintah guna peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. “Teruslah menjadi Ksatria penegak aturan yang senantiasa berpihak pada kebenaran, teruslah menjadi figur-figur teladan yang bukan hanya mampu menjadi pelindung bangsa dari ancaman musuh, namun juga menjadi penjaga moral prajurit Matra Laut dari ancaman pelanggaran kode etik dan disiplin keprajuritan, WIJNA WIRA WIDHA YAKA!!” pungkasnya.

Diakhir amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut memberikan beberapa hal yang menjadi penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan salah satunya adalah tingkatkan peran penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI Angkatan Laut secara konsisten dan terus menerus, guna membentuk karakter prajurit TNI Angkatan Laut yang tertib hukum.

Kegiatan upacara ini diikuti oleh Pejabat Utama Lantamal XII, Para Kadis/kasatker Lantamal XII, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Prajurit Yonmarhanlan XII.

(Dispen Lantamal XII)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional