Connect with us

Nasional

Danramil-05/Cilincing Bersama Tiga Pilar Cilincing Hadiri Festival Bedug

Kabar-kini.com, Jakarta Utara – Kecamatan Cilincing bekerja sama dengan Tiga Pilar Kecamatan menggelar Festival Bedug Tahun 2023 dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Kamis (13/04/2023)

“Kegiatan kami gelar untuk melestarikan dan mengembangkan instrumen bedug di masyarakat,” kata Camat Cilincing Ibu Anita Permatasari ketika membuka Festival Bedug di Halaman Parkir Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional dan mempunyai fungsi estetika dalam pengembangan dunia kreatif, konsep, dan budaya material musikal, jelas Camat Cilincing

Ibu Anita Permatasari Camat Cilincing mengatakan Festival Bedug.diikuti oleh 7 Kelurahan yang mana Satu tim peserta dari 7 orang peserta.

Danramil 05/Cilincing Mayor Inf Suwaryono menyampaikan kegiatan Festival Bedug yang setiap tahun rutin dilaksanakan ini untuk menegakkan syiar Islam dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Ini juga sebagai penyemarak menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” tuturnya.

Dia berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai tontonan tapi dapat menjadi tuntunan di Bulan Suci Ramadhan. Seorang peserta tengah unjuk kebolehan menabuh bedug saat mengikuti Festival Bedug Tahun 2023 di Kantor Kecamatan Cilincing Jakarta Utara.

Salah satu peserta Festival Bedug, Darko dari grup Kelurahan Rorotan mengaku sudah menunggu sejak lama festival bedug ini.

“Terakhir festival bedug diselenggarakan pada 2019. Kami dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) belum berhasil menang, sehingga tahun ini kami ikut lomba lagi,” katanya.

Menurut dia, persiapan untuk mengikuti lomba ini cukup singkat, yakni dua minggu. Kendati demikian, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk variasi menabuh bedug.

Peserta terdiri atas petugas PPSU, warga dan majelis taklim yang berada di wilayah Kecamatan Cilincing. Peserta nantinya akan memperebutkan hadiah dengan total mencapai jutaan rupiah.

Sumber Pendim 0502/JU

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional