Connect with us

Kabar Jakarta

Daop 1 Jakarta Berikan Tiket Murah Untuk Masyarakat Yang Berangkat Setelah Lebaran Hingga Tanggal 3 Mei 2023, Yuk Segera Pesan

Kabar-kini.com, Jakarta- Volume pengguna jasa yang berangkat di moment lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tinggi meski sudah memasuki hari ketiga setelah moment lebaran (H+3). Sekitar 30.000 Penumpang Berangkat Dari Stasiun Gambir Dan Pasar Senen, jumlah tersebut masih cukup tinggi jika dibandingkan pada masa normal.

Adapun bagi masyarakat yang ingin berangkat mudik bersilaturahmi dan liburan setelah hari lebaran hingga tangga 3 Mei 2023, Daop 1 Jakarta memberikan tarif rendah untuk seluruh keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) ke berbagai tujuan. Tarif rendah tersebut berlaku untuk kelas ekonomi hingga kelas eksekutif dengan besaran tarif terendah untuk kelas Ekonomi mulai dari 150.000, Eksekutif 330.000 dan Bisnis 280.000.

Masyarakat dapat melihat ketersediaan tiket melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Program tarif rendah pada arus balik Lebaran ini juga mendukung himbauan pemerintah agar masyarakat tidak terkonsentrasi melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April saja.

Adapun jumlah ketersediaan tempat duduk KAJJ keberbagai tujuan untuk keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta untuk tanggal 27 April s.d 3 Mei tinggal tersisa sekitar 173 ribu tempat duduk. Masyarakat dapat segera melakukan pemesanan tiket dengan tarif rendah untuk jadwal perjalanan hingga tanggal 3 Mei 2023.

Untuk hari ini pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan PasarSenen pada 26 April 2023 okupansi penumpang masih cukup tinggi yakni 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Hari ini terdapat sekitar 19.000 penumpang berangkat dari Stasiun PasarSenen dengan layanan 32 KA yang beroperasi, Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 11.000 dengan layanan 38 KA beroperasi.

Secara total untuk jadwal keberangkatan 12 s.d 26 April (H-10 s.d H+3) tercatat sekitar 550 ribu pengguna jasa berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada moment lebaran.

Puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada tanggal 18 s.d 22 April 2023.

Sementara berdasarkan data Rabu 26 April 2023 sekitar 660 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 s.d 24 April 2023. Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18 s.d 23 April dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Informasi lebih lanjut terkait informasi tikrt dan perjalanan KA pada masa Angkutan Lebaran masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Kabar Jakarta