Connect with us

Nasional

Dengan Segala Keterbatasan Berikan Yang Terbaik Untuk Rakyat, Prajurit Kostrad Gotong Royong Bangun Honai

 

Jakarta. Prajurit TNI Satgas Yonif Raider 303/SSM yang dipimpin Dantim 1 Pos Dambet Letda Inf Ari Abdi membangun rumah tradisional Honai untuk warga Kampung Dambet Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak Papua. Senin (30/01/2023).

Komandan Pos (Danpos) Dambet Satgas Yonif R 303/SSM Lettu Inf Adi Nugroho dalam keterangannya di Pos Dambet Kabupaten Puncak, mengatakan honai yang dibuat adalah milik salah satu warga asli Kampung Dambet sebagai wujud kepedulian Satgas TNI terhadap warga binaan yang tidak memiliki tempat tinggal atau honai yang layak untuk ditempati.

“Dengan berbekal ketulusan dan keikhlasan serta kesadaran akan arti kehadiran kami di tanah Papua. Prajurit TNI adalah tentara rakyat dan selalu ada bersama untuk membantu rakyat di manapun berada,” ungkap Danpos Dambet

“Dengan keterbatasan yang ada tidak menjadi batas akhir dari pengabdian prajurit TNI Pos Dambet Satgas 303 untuk berbuat yang terbaik dalam membantu dan meringankan beban rakyat selama berada di daerah penugasan,” kata Komandan Pos (Danpos) Dambet Satgas Yonif R 303/SSM Lettu Inf Adi Nugroho

Diakuinya, potret kebersamaan antara warga dengan prajurit TNI Pos Dambet dalam proses pembuatan honai tersebut menggambarkan sikap gotong royong masih tertanam dalam budaya dan menjadi tradisi masyarakat Papua khususnya warga Kampung Dambet

“Mulai dari proses penyiapan kayu, penyiapan jerami, pemasangan kerangka honai dan pemasangan jerami sebagai atap, semuanya dilakukan secara bersama-sama,” pungkas Lettu Inf Adi Nugroho.

Warga pemilik Honai bapak Murib (52) mengakui honai yang dibuat prajurit TNI sudah sempurna setelah dikerjakan bergotong royong. Murib mengatakan kehadiran Satgas TNI Yonif R 303/SSM sangat membantu warga di pegunungan Kabupaten Puncak, Papua.

“Bapak sangat berterima kasih kepada anak-anak pos Dambet karena sudah mau bantu buat honai, bapak sangat senang. Puji Tuhan, Tuhan membalas kebaikan anak,” ungkapan pemilik honai Murib. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional