Connect with us

Nasional

Digitalisasi Desa 1! Mahasiswa KKN UNDIP Buat Bot WhatsApp Desa Gapura

 

Pada zaman digitalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada, Anhar Mahasiswa S1 Teknik Komputer yang mengikuti KKN TIM I Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023 mengusulkan program kerja yaitu membuat layanan chatbot WhatsApp Sistem Informasi untuk Desa Gapura.

Tujuan dibuatkan chatbot untuk memudahkan memberikan informasi dan pelayanan administrasi kepada masyarakat Desa Gapura. Alasan dijadikannya WhatsApp sebagai layanan chatbot dikarenakan WhatsApp merupakan aplikasi chat yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang saat ini. Hampir setiap pengguna smartphone terinstall WhatsApp di perangkat mereka.

Pemerintah desa sangat mendukung program kerja layanan chatbot untuk desa karena sejalan dengan salah satu program Bupati Pemalang yaitu DeDi (Desa Digital). Setelah melakukan survey dan berkoordinasi dengan perangkat desa mengenai konten dan layanan yang disediakan oleh chatbot, selanjutnya mulai merancang chatbot. Dalam pembuatan chatbot WhatsApp ini memerlukan aplikasi WhatsAuto sebagai aplikasi balas pesan otomatis dan WhatsApp Business sebagai akun chatbot Desa. Alasan menggunakan WhatsAuto dikarenakan pengimplementasian yang mudah dipahami dan dapat digunakan secara gratis.

Chatbot Desa Gapura berisikan informasi seputar Desa mulai dari profil desa, informasi fasilitas umum desa, informasi pariwisata yang ada di desa, informasi UMKM, serta layanan administrasi persuratan yang dapat diurus masyarakat via chat atau online. Selain itu, juga terdapat berita terbaru dan pengumuman yang yang dapat dilihat oleh masyarakat langsung dari aplikasi WhatsApp.

Chatbot ini bisa didapatkan dengan menambahkan nomor di kontak WhatsApp masing-masing masyarakat desa. Penggunaan chatbot sangat mudah, masyarakat hanya perlu mengirimkan pesan ke nomor akun WhatsApp chatbot desa, kemudian bot akan memberikan respons secara langsung.

Sebelumnya, masyarakat Desa Gapura perlu datang terlebih dahulu ke kantor balai desa untuk memperoleh informasi berita dan pengumuman desa, hal tersebut memerlukan waktu dan tenaga yang lebih. Dengan adanya oayanan chatbot Desa Gapura dapat memudahkan masyarakat Desa Gapura maupun masyarakat luar dalam mendapatkan informasi seputar Desa Gapura. Selain itu, layanan administrasi via chatbot membantu masyarakat dapat dengan mudah mengurus surat tanpa perlu datang ke kantor.

Dengan adanya layanan chatbot WhatsApp ini diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Gapura dan perangkat desa. Selain itu, mahasiswa juga memberikan panduan pengelolaan chatbot dalam bentuk buku pedoman kepada perangkat desa agar chatbot ini dapat terus berjalan dan berkembang nantinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional