Connect with us

Nasional

Gerak Cepat, TNI AL Palembang Bantu Evakuasi ABK Tongkang MP XXI Yang Terbakar Di Perwiran Ambang Luar Jambi

 

 

TNI AL, Palembang, 19 Desember 2022,– Anggota Binpotmar Kampung Laut dibawah jajaran Lanal Palembang melaksanakan Evakuasi Tongkang MAP XXI yang ditunda oleh TB. Makmur Selatan yang mengalami kebakaran di wilayah Perairan Ambang Luar Jambi.

Peristiwa terbakarnya Tongkang MAP XXI yang bermuatan alat berat dan ditarik TB Makmur Selatan ini terjadi sekira pukul 14.00 WIB pada Lokasi 0’56.480′ S 103’49.151′ E.

Kebakaran disebabkan percikan api yang berasal dari puntung rokok salah seorang ABK atas nama Latif yang telah membuang puntung rokok sembarangan dan tidak mengetahui adanya bekas tumpahan bahan bakar minyak dari alat berat yang diangkut, dimana terdapat 12 unit alat berat jenis exavator merk Mitsubishi dari Jambi tujuan Bui 3. Dari 12 unit alat berat tersebut, 8 unit alat berat exavator terbakar. Setelah beberapa saat api berhasil dipadamkan dengan bantuan Kapal Sumber 27 Batam dengan dibantu masyarakat nelayan.

Adapun data kapal, Nama Kapal TB. Makmur Selatan 888 /TK.MV XXI, Pemilik Usman, Tonage 34 TB/280 TK, Jenis Kapal Tunda/Tongkang, Kebangsaan Indonesia, Nahkoda Ahmad Firdaus, Tanda Selar TB. GT 34 No. 938/RRC/TK. GT 280 No. 730/RRC, Muatan Alat Berat, Jumlah ABK 5 orang, Penumpang Nihil, Berlayar dari Jambi, Tujuan Ambang Luar (Pengapalan).

Dari insiden tersebut mengakibatkan 1 (satu) orang ABK mengalami luka ringan akibat terjatuh dari tongkang dan saat ini masih dirawat di Puskesmas Kampung Laut, untuk kerugian materil diperkirakan mencapai 8 Milyar Rupiah.

(Pen Lanal Palembang)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional