Connect with us

Kabar Botabek

Hari Kedua Kegiatan Non Fisik TMMD 116 Kodim 0507/Bekasi Berikan Materi Wasbang

Kabar-kini.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-116 TA. 2023 Kodim 0507/Bekasi di Kelurahan Jakamulya Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, saat ini terus berlangsung. Memasuki hari kedua, Kamis (11/5/2023), Satgas TMMD mulai menggarap sasaran non fisik.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Aula Kelurahan Jakamulya tersebut diawali sambutan sekaligus kata pembuka dari Mayor Chb I Nyoman dari Bintaldam Jaya, dengan materi bertajuk Sistem Penguatan Karakter Dalam Bentuk Bela Negara, dengan peserta sebanyak 30 orang terdiri dari para pengurus RT/RW se kelurahan Jakamulya, aparatur Kelurahan Jakamulya, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Perwakilan Masyarakat.

Mengawali materinya, Mayor Chb I Nyoman Kasirohinbud, memaparkan nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai dasar ideologi negara, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Tak hanya sebatas itu, dalam paparannya, pemateri juga menjelaskan nilai dasar wawasan kebangsaan, yakni, penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka dan bersatu, Cinta tanah air dan bangsa, Demokrasi / kedaulatan rakyat, Kesetiakawanan sosial, dan Masyarakat adil dan makmur.

Lebih jauh dipaparkannya, penguatan kembali atau revitalisasi wawasan kebangsaan ini sangat diperlukan dan merupakan sesuatu yang mutlak harus dilakukan demi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Jadi kesadaran berbangsa dan bernegara ini harus ditumbuhkan kembali, dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, tandasnya.

“Namun tentunya penguatan kembali wawasan kebangsaan ini harus dibarengi dengan pembinaan keagamaan, moralitas dan akhlak, agar generasi muda menjadi generasi yang berkarakter, berakhlak dan berwawasan kebangsaan”, pungkas Mayor Chb I Nyoman saat menutup materinya.

Selain materi wawasan kebangsaan, di hari kedua kegiatan non fisik ini, juga dilakukan pihak Kejaksaan Negeri Kota Bekasi dengan materi sosialisasi hukum perdata oleh Bapak Oscha Adrian, S.H.

Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Lurah Jakamulya H.Bahrudin,S.H.,M.Si., Sekel Bapak Arya Wijaya, Mayor Chb I Nyoman, Serka Wahyudi, Sertu Mulyadi Babinsa Jakamulya dan PNS H.Mahyudin. (Sumber Kodim 0507/Bekasi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Kabar Botabek