Connect with us

Uncategorized

HIMKI Dorong Kemajuan Industri Furnitur Indonesia Emerging Market Jadi Target Baru Pasar Furnitur Indonesia

Fokusindonesia.com, Jakarta, 17 Februari 2023 – Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diperkirakan akan tetap kuat dan terus meningkat di tahun depan. Dikutip dari Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi pada 2023 berada di kisaran 4,5-5,3%, dan akan terus meningkat menjadi 4,7-5,5% pada 2024. Pertumbuhan ini antara lain didukung oleh konsumsi swasta, investasi, dan tetap positifnya kinerja ekspor di tengah pertumbuhan ekonomi global yang melambat. Salah satu sektor yang menunjukkan peningkatan ekspor adalah industri furnitur. Seperti diberitakan sebelumnya, sampai dengan Q3 2022, ekspor industri furnitur Indonesia meningkat sebesar 7,05% (yoy) menjadi US$2,19 miliar.

Untuk terus mendorong pertumbuhan industri furnitur, Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo kembali menghadirkan pameran mebel dan kerajinan terbesar di Indonesia, Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2023. IFEX 2023 yang akan digelar pada 9 – 12 Maret 2023 kembali hadir secara offline sepenuhnya dan siap menunjukkan potensi terbaik industri furnitur Indonesia. IFEX secara konsisten menampilkan ragam produk ciri khas Indonesia yang sustainable design, handmade dari pengrajin-pengrajin lokal dari berbagai daerah di Indonesia, serta didukung dengan teknologi yang disesuaikan dengan perkembangan masa kini.

“Dari tahun ke tahun IFEX berhasil membantu mendorong kesuksesan industri furnitur Indonesia. Produk-produk unggulan yang ditampilkan IFEX selalu menjadi incaran buyers internasional. Seperti yang diketahui Indonesia menyediakan ragam bahan baku furnitur dan mebel sehingga produk-produk Indonesia selalu berkualitas, unik, dan bermutu. Kami berharap tahun ini akan semakin banyak buyers internasional yang hadir dan menjadi mitra para pelaku usaha furnitur Indonesia,” ujar Ketua Presidium HIMKI Abdul Sobur.

Ia menambahkan bahwa target pasar IFEX tahun ini mengalami sedikit pergeseran. Pasar Eropa dan Amerika yang mengalami penurunan membuat IFEX mengalihkan target ke emerging market antara lain ke India, Timur Tengah, dan Afrika. “India menjadi pasar yang cukup menjanjikan bagi industri furnitur. India, bersama dengan Cina, Jepang dan Korea Selatan diperkirakan menjadi pasar utama di wilayah Asia Pasifik,” tambah Sobur. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan total perdagangan Indonesia dan India pada Januari – Juni 2022 mencapai US$16,67 miliar. Total ekspor nonmigas, termasuk furnitur, kedua negara pada periode tersebut mencapai US$15,3 miliar. Melihat potensi pertumbuhan yang cukup baik, HIMKI juga masih terus menjaga optimisme terkait target ekspor US$5 miliar pada 2024.

IFEX 2023 Penuh Optimisme
IFEX 2023 akan kembali hadir dengan menggunakan seluruh luasan lahan yang ada di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran. Tahun sebelumnya, luas lahan yang digunakan masih terbatas mengingat berbagai kendala yang ada, termasuk masih adanya pembatasan terkait Covid-19.

“Tahun ini kami kembali menggunakan seluruh hall yang ada di JIExpo melihat sambutan dan dukungan para peserta dan industri juga semakin meningkat. Dengan luasan lahan pameran sebesar 60 ribu m², tahun ini IFEX akan diramaikan oleh sekitar 500 eksibitor, dan kami berharap bisa menarik pengunjung dan buyers sebanyak 10 ribu orang”, ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung.

IFEX 2023 hadir dengan mengusung tema Redefine, Inspire, Innovation, yang menunjukkan komitmen HIMKI dan industri furnitur untuk terus berinovasi dan menginspirasi pelaku industri untuk menghadirkan produk-produk terbaik. Seperti tahun-tahun sebelumnya, IFEX juga akan diisi oleh kegiatan seminar yang membahas isu-isu, tren, tantangan, dan inovasi terbaru industri furnitur. Untuk memberi kenyamanan buyers dan visitors, panitia juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung dan layanan hospitality antara lain musholla, medical room, free shuttle bus, cafetaria, dan lain-lain.

Sepanjang pameran, panitia juga membuka International Buyers Lounge bagi buyers yang ingin berinteraksi dengan sesama buyers maupun dengan eksibitor. Buyers internasional yang akan mengunjungi IFEX 2023 diwajibkan untuk melakukan vaksin lengkap, menyiapkan sertifikat vaksin internasional, paspor dan visa (E-VOA) serta mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

HIMKI dan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara memfasilitasi sistem registrasi pra-event online untuk para buyers dan visitors yang akan mengunjungi IFEX 2023. Registrasi bisa dilakukan melalui laman resmi IFEX di www.ifexindonesia.com hingga 8 Maret 2023 untuk mendapatkan tiket gratis. Selain untuk melakukan registrasi, para buyers dan visitors juga bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru terkait penyelenggaraan IFEX 2023 seperti agenda acara, akomodasi, dan lain-lain.

Informasi lebih lanjut mengenai Indonesia International Furniture Expo 2023 bisa diakses pada laman www.ifexindonesia.com/ atau Instagram resmi @ifex_id.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Uncategorized