Connect with us

Nasional

Infiltrasi Laut Secara Senyap, Pelaku CAKRA XIV Laksanakan Materi Rawa Laut di Laut Selatan Pulau Jawa

Jakarta. Usai melaksanakan Hanmars sejauh 160 KM, pelaku latihan standardisasi Prajurit Kostrad CAKRA XIV melaksanakan tahapan latihan Rawa Laut di Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (10/3/2023).

Diawali dengan penyeberangan basah, pelaku menyeberang teluk Ciwaru dengan menggunakan tali statis dan karabiner. Setelah itu pelaku latihan standardisasi Prajurit Kostrad CAKRA XIV melaksanakan Patroli Rawa Laut menyusuri lebatnya hutan bakau wilayah Geopark Ciletuh, Sukabumi.

Membekali diri dengan kemampuan infiltrasi permukaan air secara senyap, pelaku melaksanakan enang Taktis (Rentis) sejauh 1 km dari titik start di Perairan Pulau Kunti sampai dengan bibir Pantai Palangpang.

Dilanjutkan dengan Pancangan Kaki Pantai (PKP). PKP di tahap Rawa Laut memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan sebelumnya yang pelaku laksanakan di Situ Cikaret. Ombak yang besar dan cuaca yang hujan membuat pelaku harus sekuat tenaga mendayung untuk mengarungi rute yang telah ditentukan hingga kembali ke bibir pantai

“Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagian besar merupakan perairan. Tahapan rawa laut memberikan gambaran sebenarnya rangkaian pertempuran laut dan garis pantai yang telah dikuasai musuh. Seluruh mekanisme latihan berdasar pada taktik pertempuran laut dimulai dari pendaratan dari kapal angkut KRI, dilanjutkan melaksanakan infiltrasi baik menggunakan LCR atau Renang Taktis menggunakan perlengkapan lengkap, mendarat di garis pantai, hingga melaksanakan patroli menuju sasaran,” ujar Komandan Latihan CAKRA XIV Letkol Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr (Han).

Harapannya dengan ini pelaku mampu menguasai aspek pertempuran guna mempertahankan wilayah perairan NKRI,” pungkasnya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional