Connect with us

Nasional

Irkostrad Mayjen TNI Dian Sundiana, S.E., M.Si. Pimpin Taklimat Awal Post Audit Itkostrad TA 2023

 

Jakarta. Irkostrad Mayjen TNI Dian Sundiana, S.E., M.Si. memimpin pembukaan Taklimat Awal Post Audit Itkostrad TA 2023 yang dilaksanakan di Ruang Puskodalops Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Selasa (14/2/2023).

Inspektorat Kostrad (Itkostrad) selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Kostrad, yang memiliki tugas pokok membantu Pangkostrad dalam menyelenggarakan pengawasan kinerja dan perbendaharaan terhadap organisasi di jajaran Kostrad dalam rangka mendukung Tupok Kostrad.

Dalam sambutannya, Irkostrad mengucapkan jika pengawasan merupakan sarana pengendalian kegiatan, sehingga dapat memberikan keyakinan, bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang ditetapkan secara efektif dan efisien, serta untuk memberikan penilaian independen tentang manajemen resiko, pengendalian dan proses tata kelola suai ketentuan yang berlaku terhadap progjagar TNI AD anyg telah dilaksanakan oleh Satjar Kostrad.

“Dalam merealisasikan pengawasan tersebut, Itkostrad akan melaksanakan kegiatan dengan metode Post Audit berupa Audit Kinerja dan perbendaharaan dihadapkan pada Progja dan Anggaran Kostrad yang telah dilaksanakan pada TA 2022. Kegiatan pengawasan ini diprogramkan dan dilaksanakan mendahului dari program kegiatan dari Itjenad maupun bPK RI yang bertujuan untuk meminimalisir adanya temuan dari Itjenad maupun BPK RI,” kata Irkostrad.

“Pengawasan bertujuan sebagai layanan konsultasi untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan tata kelola, manajemen resiko dan proses pengendalian serta pencegahan dini terjadinya kecurangan terhadap pelaksanaan Progjagar guna terselenggaranya Tupok Kostrad,” tambah Pangkostrad.

“Saya telah memerintahkan tim Post Audit Itkostrad untuk fokus dalam pelaksanaan pengawasan dan menjunjung tinggi prinsip pengawasan sehingga dapat membantu Satjar meminimalkan resiko temuan dari Itjenad maupun BPK RI di masa yang akan datang. Saya berharap agar seluruh satuan dalam hal ini Staf Umum, Balak, Satjar Divif 1,2 dan 3 Kostrad juga berperan serta aktif memaksimalkan kinerja, karena Pangkostrad telah memberikan kepercayaan dan harapan besar kepada seluruh Satjar Kostrad untuk bisa mengambil langkah nyata yang konstruktif dan komprehensif agar dapat menghindari temuan berulang di masa yang akan dating,” pungkas Irkostrad.

Diakhir sambutannya, Mayjen TNI Dian Sundiana, S.E., M.Si. menghimbau dan mengajak agar kita ciptakan suasana kerja yang harmonis, saling terbuka, saling percaya dan dapat bekerja sama dengan baik. Tiap-tiap Auditi agar memberikan informasi seobyektif mungkin kepada Tim Post Audit Itkostrad, sehingga apabila ada kesalahan dan kekeliruan, bisa dirumuskan dan ditemukan solusi lebih lanjut, karena pada prinsipnya kita semua merupakan komponen dari satu sistem organisasi kostrad yang hanya berbeda dari sisi tugas dan tanggung jawab. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional