Connect with us

Nasional

Kampung Bahari Nusantara Pacu Perekonomian Warga Pesisir Bengkulu

Kabar-kini.com, TNI AL, Bengkulu,– Sebagai upaya membangun ketahanan masyarakat pesisir, Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu terus mengembangkan Kampung Bahari Nusantara (KBN) melalui tugas Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) di Kelurahan Kebun Keling, tepatnya di Pantai Tapak Paderi Kota Bengkulu. Program Kampung Bahari Nusantara tersebut diresmikan secara nasional di 68 Satkowil/Satnon-Kowil diseluruh Indonesia secara vicon dari Kepulauan Seribu Jakarta, dengan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dan Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Mohammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., beserta Pejabat Utama Mabesal, Senin (15/05/2023).

Usai Peresmian Pembukaan Kampung Bahari Nusantara secara serentak di 68 Satkowil/Satnon-Kowil TNI Angkatan Laut, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana mengatakan, bahwa melalui program Kampung Bahari Nusantara, TNI Angkatan Laut (TNI AL) bertekad untuk ambil bagian dengan tindakan nyata dalam membina masyarakat pesisir dan kepulauan sesuai dengan tema kegiatan kali ini yaitu “Kampung Bahari Nusantara TNI AL siap meningkatkan produktifitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat maritim yang sejahtera”.

“Melalui program ini, TNI AL Lanal Bengkulu membangun kemanunggalan dengan rakyat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir dan kepulauan, khususnya dalam klaster bidang ekonomi, pariwisata, kesehatan, edukasi maupun pertahanan,” jelas Danlanal Bengkulu.

Danlanal Bengkulu juga menambahkan bahwa Kampung Bahari Nusantara (KBN) dapat mendorong perkembangan wilayah setempat menjadi kawasan yang lebih maju, sejahtera, indah, sehat dan dapat berkontribusi terhadap terwujudnya ketahanan nasional yang kuat. Program KBN ini juga merupakan bagian dari implementasi program Pemerintah dalam pengentasan stunting, kemiskinan dan ketahanan pangan, dengan mengimplementasikan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi maritim sehingga dapat membantu Pemerintah Daerah dalam upaya menyejahterakan masyarakat terutama masyarakat pesisir, yang pada akhirnya akan membangun ketahanan masyarakat secara nasional.
Kampung Bahari Nusantara yang diresmikan sudah tersebar diseluruh Indonesia salah satunya KBN Lanal Bengkulu.

Kehadiran Kampung Bahari Nusantara sesuai dengan program unggulan Kasal dalam rangka membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI/TNI AL bersama rakyat untuk kepentingan negara.

(Pen Lanal Bengkulu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional