Connect with us

Nasional

Kasal : Pentingnya Peran Angkatan Laut Dalam Menjaga Stabilitas Keamanan di Kawasan

Fokusindonesia.com, Jalesveva Jayamahe, Jakarta, 18 Februari 2023 — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan kunjungan kehormatan (Courtesy Call) kepada Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jenderal Tan Sri Effendi Buang TUDM dan Panglima Tentera Laut Malaysia Laksamana Datuk Abdul Rahman Bin Ayob dalam rangkaian kegiatan Introductory visit di Wisma Pertahanan, Kuala Lumpur, Malaysia. Jum’at (17/02).

Pada kunjungan tersebut Kasal menyampaikan mengenai pentingnya peran kedua Angkatan Laut dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan terutama di Selat Malaka. Sehingga kedepannya perlu adanya peningkatan dan perluasan kerjasama antara Angkatan Laut kedua negara.

Seperti diketahui bahwa Selat Malaka adalah sebuah selat yang terletak di antara dua negara yaitu Malaysia dan Indonesia. Selat ini merupakan salah satu wilayah paling strategis sebagai salah satu jalur perdagangan international terpenting di dunia yang memiliki lalu lintas sangat padat.

Sehingga guna menjaga keamanan dan stabilitas di jalur tersebut, dituntut kehadiran Angkatan Laut kedua negara untuk turut menjaminnya. Memberikan jaminan rasa aman dari gangguan tindakan kriminal dan kejahatan lainnya yang mungkin terjadi di kawasan tersebut.

Selain membicarakan mengenai kerjasama keamanan di Selat Malaka, kunjungan tersebut juga digunakan sebagai wadah pertemuan dan diskusi terkait kerjasama bilateral yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang dan akan dilaksanakan antara TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM).

Kedua pimpinan tertinggi Angkatan Laut ini juga membahas tentang peluang peningkatan kerjasama lainnya seperti kerjasama di bidang operasi-latihan, pendidikan dan juga pertukaran informasi maritim.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional