Connect with us

Nasional

Kenang Jasa Pahlawan, Yonkav 1 Kostrad Ziarah TMP Kalibata

Jakarta. Danpussenkav TNI AD Mayjen TNI Yanuar Adil didampingi Wadanyonkav Kostrad Mayor Kav Widi Kuncoro, S.H., melaksanakan Ziarah ke makam Jenderal TNI (HOR) Soesilo Sudarman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selata. Selasa (7/2/2023).

Kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kavaleri Angkatan Darat yang akan jatuh pada tanggal 9 Februari 2023 ini.

Kegiatan Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin Danpussenkav TNI AD Mayjen TNI Yanuar Adil dilanjutkan dengan peletakkan karangan bunga, tabur bunga, kemudian pembacaan doa, serta penghormatan terakhir.

Dijelaskan Danpusenkav bahwa Jenderal TNI (HOR) Soesilo Sudarman yang merupakan Sesepuh Korps Kavaleri Angkatan Darat dan perintis berdirinya Korps Kavaleri Angkatan Darat.

“Beliau adalah perwira yang pertama kali ditugaskan untuk menyusun konsep-konsep dasar prajurit Kavaleri yang pada saat itu disekolahkan di Sekolah Kavaleri Belanda untuk menyusun suatu konsep operasi Korps Kavaleri. Jadi kami sebagai penerus beliau sebagai prajurit Kavaleri mengucapkan banyak terima kasih atas besarnya jasa beliau kepada korps Kavaleri. Kami akan meneruskan cita-cita beliau memajukan Korps Kavaleri dalam rangka menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Danpussenkav.

“Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Soesilo Soedarman adalah mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan pada Kabinet Pembangunan VI (1993—1998) dan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi pada Kabinet Pembangunan V (1988—1993). Jenderal TNI Soesilo Soedarman juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat yang berkedudukan di Washington DC dari 18 Februari 1986 hingga 11 April 1988, ia juga menjadi Anggota MPR RI mewakili Golongan Karya untuk daerah pemilihan Sumatra Utara hingga akhir hayatnya,” terang Danpussenkav.

Kegiatan Ziarah ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Dwisuryo Indroyono Soesilo, M.Sc. yang merupakan anak pertama Alm. Jenderal Soesilo Sudarman dan para pejabat Pussenkav. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional