Connect with us

Nasional

Kibarkan Merah Putih, Kontingen Garuda UNIFIL Berhasil Pertahankan Juara SASCO 2023

Fokusindonesia.com, JAKARTA, tniad.mil.is – Tim penembak Satgas Batalyon Mekanis TNI XXIII-P/UNIFIL mewakili Kontingen Garuda UNIFIL berhasil menjuarai SASCO Small Arms Shooting Competition (SASCO) 2023 yang diselenggarakan oleh UNIFIL di Naqoura Firing Range, UNIFIL HQ, Lebanon, Jumat (27/01/2023).

Dalam keterangan tertulis Komandan Kontingen Garuda XIII-P UNIFIL Kolonel Inf Firkri Ferdian, Sabtu (28/1/2023), kejuaraan SASCO merupakan kejuaraan menembak senjata ringan tahunan yang diikuti oleh seluruh TCC Troops Contributing Country (TCC) pada misi UNIFIL, antara lain Prancis, Spanyol, Finlandia, Italy, Irlandia, Ghana, Tanzania, Malaysia, Korea Selatan, China, India, Nepal, Sri Lanka, serta Perwakilan dari Lebanese Armed Force.(LAF)

Kolonel Fikri Ferdian menjelaskan, kompetisi yang berlangsung selama tiga hari ini terbagi menjadi dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Dengan peraihan 1664 poin Kontingen Indonesia berhasil meraih peringkat pertama di ikuti oleh Kontingen Korea Selatan di peringkat kedua dengan peraihan 1585 poin serta diperingkat ketiga diraih oleh Kontingen India dengan peraihan 1445 poin.

Dengan pencapaian ini mengukuhkan Kontingen Indonesia sebagai juara bertahan pada kerjuaraan SASCO karena pada tahun sebelumnya Kontingen Indonesia juga meraih juara mengalahkan negara – negara lain yang tergabung dalam misi UNIFIL.

“Saya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada Prajurit kita karena telah mengharumkan nama bangsa melalui kejuaraan ini, dengan pencapaian ini dapat menjadikan prajurit TNI lebih dikenal dimata dunia, ” ungkap Kolonel Inf Fikri Ferdian.

Dirinya berharap, selain sebagai pasukan penjaga perdamaian di Lebanon Selatan, Kontingen Garuda UNIFIL juga dapat berinteraksi dan menjaga hubungan kemitraan dengan kontingen perdamaian dari berbagai negara melalui event-event yang digelar UNIFIL. (Dispenad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional