Connect with us

Nasional

KOLINLAMIL SIAP SUKSESKAN DUKUNGAN ANGKUTAN LAUT LEBARAN 2023

Kabar-kini.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 6 April 2023 – Perjalanan mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia pada saat datangnya Hari Raya Idul Fitri. Menjelang dimulainya penyelenggaraan angkutan laut lebaran tahun 2023/1444 Hijriah, Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar Apel Kesiapan Angkutan Laut Lebaran bertempat di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (6/4). Apel siaga ini dipimpin oleh Plh. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi dengan para peserta apel yaitu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di wilayah DKI Jakarta dan seluruh stakeholders bidang pelayaran. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan.

Dalam sambutannya Plh Dirjen Perhubungan Laut menyampaikan bahwa angkutan laut adalah salah satu pilihan transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat di daerah kepulauan dimana transportasi laut menjadi satu satunya sarana transportasi yang tersedia. Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat yang sering terjadi pada saat musim mudik. Namun harus disadari bahwa angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang dan kru kapal.

Ditemui usai kegiatan apel siaga Panglima Kolinlamil menyampaikan bahwa apel siaga ini dilaksanakan dalam rangka memantapkan koordinasi antar petugas, instansi terkait, penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut Lebaran, sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan lancar, aman, selamat, tertib dan nyaman.

Dalam dukungan angkutan laut lebaran tahun 2023 jajaran Kolinlamil terlibat dalam hal pengawasan dan pengamanan di area Terminal Penumpang Nusantara Pura guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang berpotensi mengganggu keamanan, keselamatan dan kelancaran pelayanan transportasi laut pada masyarakat. Kolinlamil juga menyiagakan tenaga kesehatan yang nantinya akan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan mengingat jumlah pemudik lebaran tahun ini diperkirakan jumlahnya meningkat daripada tahun lalu.

Keterlibatan Kolinlamil dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan dukungan angkutan laut Lebaran tahun ini adalah wujud soliditas seluruh stakeholder yang bersinergi untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Hal tersebut merupakan implementasi dari arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa seluruh jajaran TNI AL untuk memperkokoh soliditas antar matra TNI serta jalin sinergitas dengan Polri, instansi pemerintah, maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional