Connect with us

Nasional

KOLINLAMIL SIAPKAN SELURUH KAPAL PERANGNYA UNTUK MENGHADAPI KONTIJENSI TAHUN 2024

Kabar-kini.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 3 April 2023 – Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan menerima paparan Rencana Pelibatan (Renlibat) Kolinlamil dalam menghadapi Kontijensi tahun 2024 yang disampaikan oleh Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ronald Rarun yang berlangsung di ruang rapat Pangkolinlamil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (3/4). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf dan Inspektur Kolinlamil, pejabat utama Kolinlamil, Kepala Satuan Kerja serta Komandan Satuan Lintas Laut Militer dan Komandan KRI jajaran Kolinlamil yang mengikuti acara secara video conference.

Rencana pelibatan Kolinlamil dalam menghadapi kontinjensi (Rentinkon) tahun 2024 dengan mempersiapkan suatu keadaan atau situasi yang diperkirakan akan segera terjadi, tetapi mungkin juga tidak akan terjadi. Dalam mensikapi situasi yang belum pasti tersebut, Kolinlamil menyiapkan setiap sumber dayanya dalam rangka mengantisipasi peristiwa yang tidak direncanakan dan kemungkinan terjadi di wilayah kerja Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, II dan III. Konsep strategi pelibatan Kolinlamil sebagai Kotama operasi dan pembinaan dengan menyiagakan alutsista berupa kapal perang pada kurun waktu tahun 2024 untuk mendukung operasi berupa angkutan laut militer di seluruh wilayah Kogabwilhan I, II dan III dengan pentahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran.

Usai mendapatkan penjelasan dari Asops Pangkolinlamil, Panglima Kolinlamil menyampaikan beberapa penekanan diantaranya adalah dalam tahap persiapan seluruh unsur KRI yang dilibatkan harus dalam keadaan siap sesuai dengan fungsi asasi dari kapal perang tersebut, Komandan Satuan dan Komandan KRI bertanggung jawab untuk menyiapkan skill dari anak buahnya sehingga dalam setiap situasi yang berkembang masing-masing prajurit mengetahui tugasnya dan Komandan KRI sejak dini mendata kelengkapan hard ware dan software di kapalnya.

“Satu hal yang utama, tiap-tiap KRI sudah memiliki kelaikan kapal dan sudah melaksanakan L1, L2 dan L3. Kita harus yakinkan bahwa kapal perang jajaran Kolinlamil siap secara keseluruhan untuk dilibatkan dalam kontijensi di tahun 2024.” ungkapnya.

Penyiapan kapal perang jajaran Kolinlamil baik kondisi teknis maupun prajurit pengawaknya merupakan upaya untuk mencapai kesiapsiagaan alutsista TNI AL yang siap di-deploy kapan saja dan dimana saja khususnya dalam mendukung tugas Kolinlamil dalam memberikan dukungan angkutan laut militer. Hal tersebut sejalan dengan Perintah Harian Kasal, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu tingkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional