Connect with us

Nasional

Kuwil Koarmada RI Adakan Bimtek Standarisasi Kelengkapan Pertanggungjawaban Keuangan

Fokusindonesia.com, TNI AL, Koarmada RI, Jakarta, 15 Februari 2023,- Keuangan Wilayah Komando Armada Republik Indonesia (Kuwil Koarmada RI) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi Permenkeu.143 Tahun.2018 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran dan Standarisasi Kelengkapan Pertanggungjawaban Keuangan di Lingkungan TNI Angkatan Laut, Rabu (15/02/2023) di Gd. Nanggala, Mako Koarmada RI, Jl. Gunung Sahari No.67, Jakarta Pusat.

Pada acara sosialisasi ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala Keuangan Wilayah (Ka Kuwil) Koarmada RI Kolonel Laut (S) Mulyawan S.E., CHRMP. serta didampingi oleh Kepala Akuntansi (Ka Akun) Koarmada RI Letkol Laut (S) Binandita Edi S., S.T., M.T., CHRMP.

Dalam pengarahannya Kakuwil Koarmada RI mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan mampu menyamakan pengertian dan keseragaman dalam menyusun dokumen dan bukti-bukti pertanggungjawaban keuangan di lingkungan Mako Koarmada RI sehingga tercapai tertib administrasi keuangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Kakuwil Koarmada RI Kolonel Laut (S) Mulyawan mengatakan bahwa sosialisasi yang diselenggarakan di Armada RI ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Pusku Kemenhan RI tentang standarisasi kelengkapan pertanggungjawaban keuangan dilingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam penjelasannya sosialisasi tersebut disampaikan oleh pemapar Letkol Laut (S) Ipan Apriyanto, S.E., dan Mayor Laut (S) Ardi Winata, S.E. dengan materi antara lain, Mekanisme pembayaran langsung, Uang Persediaan (UP), Tambahan Uang Persediaan (TUP). Kemudian tentang Penerimaan yang meliputi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Hibah. Sedangkan tentang Pengeluaran meliputi Belanja Pegawai, Belanja Barang, Belanja Modal/Jasa dan tentang Dokumen Pertanggungjawaban Keuangan.

Hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut, Para Juru Bayar Satker Koarmada RI, Operator PPK Satker Koarmada RI, Pembuat PJK Satker Koarmada RI dan dari Primkopal Koarmada RI serta hadir sebagai undangan Pabanren Kewasgiatan dan Dirrena Kolat, Koppeba, Koopskasel Koarmada RI

Demikian Berita Dispen Koarmada RI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional