Connect with us

Nasional

Lantamal XII Pontianak Didemo Oleh Sekelompok Masyarakat Maritim Mempawah

Fokusindonesi.coom, Mempawah, TNI AL* – Lantamal XII Pontianak beserta Yonmarhanlan XII mengerahkan Pasukan Huru-hara untuk menghalau pendemo dari sekelompok masyarakat maritim yang menyerbu masuk ke gapura gerbang penjagaan untuk menyampaikan aspirasi, karena langkanya bahan bakar untuk nelayan. Kejadian ini terjadi di Mako Lantamal XII Jalan Raya Wajok KM.17 Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, Kamis (02/03/2023)

Sejumlah masyarakat maritim dalam kurun waktu 2 minggu terakhir ini, tidak bisa melaut dikarenakan langkanya bahan bakar yang biasa digunakan kapal mereka untuk mencari ikan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini mengakibatkan menurunnya pendapatan masyarakat nelayan dan terbatasnya ketersediaan ikan yang ada sementara permintaan pasar yang semakin meningkat.

Pengunjuk rasa yang mulai memanas menyerang pos penjagaan dengan beringas sehingga bentrokan antara aparat dan masa pun tak dapat terhindarkan. Akibatnya seorang personil Lantamal XII mengalami luka dibagian kepala karena serangan masa.

Kejadian tersebut bukanlah kejadian yang sebenarnya. Aksi Pasukan Huru-hara ini melaksanakan uji terampil Geladi Tugas Tempur Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 yang dinilai oleh Tim Komando Latihan Koarmada I, TNI Angkatan Laut, demi mengukur kesiapan prajurit dan mengasah kemampuan naluri tempur prajurit dalam rangka meningkatkan profesionalitas satuan sehingga dapat tercapai Sumber Daya Manusia (SDM) Prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Hal ini sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla ” Tingkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan ( _capability_ ) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.”

(Dispen Lantamal XII)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional