Connect with us

Nasional

Lantamal XII Pontianak Gelar Donor Darah Dalam Rangka Tes Kesehatan Bagi Calon Prajurit TNI AL

Fokusindonesia.com, TNI AL, Lantamal XII,- Panitia Daerah Lantamal XII Pontianak bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak menggelar kegiatan donor darah, bertempat di Gedung Malahayati Markas Satuan Patroli Lantamal XII, Jalan Komodor Yos Sudarso No.1 Kota Pontianak Kalbar, Senin (30/01/2023).

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh sebanyak 139 orang Calon Siswa Bintara Pria/Wanita dan Calon Siswa Tamtama Gelombang I Tahun 2023 dalam rangka seleksi masuk Prajurit TNI AL dengan materi kesehatan kedua, guna memenuhi standar persyaratan kesehatan untuk menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut, dan juga untuk membantu PMI (Palang Merah Indonesia) dalam memenuhi ketersediaan darah di wilayah Kota Pontianak.

Dalam penyelenggaraan donor darah ini dikuti 139 orang calon siswa yang terdiri dari Caba Pria sebanyak 77 orang, Caba Wanita 26 orang dan Catam 36 orang. Dari hasil pemeriksaan kesehatan hanya sebanyak 104 orang peserta yang dapat mendonorkan darahnya, sementara yang lain tertolak dengan alasan kurang memenuhi syarat kesehatan, seperti HB rendah, haid dan masa pengobatan.

Kegiatan donor darah ini terselenggara atas kerjasama Dinas Kesehatan Lantamal XII dan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Pontianak yang diketuai oleh Letkol Laut (K) Drg. Abdullah Mugan, M.Sp., Pros., dan ini merupakan lanjutan rangkaian materi tes kesehatan kedua, dimana sebelumnya para peserta seleksi Calon Prajurit TNI AL, Bintara Pria/Wanita dan Calon Tamtama telah melaksanakan rangkaian tes kesehatan pertama dan sudah dinyatakan lulus, dan dapat melanjutkan tes kesehatan kedua yaitu donor darah, rontgen dan pemeriksaan bagian dalam di laboratorium kesehatan.

(Dispen Lantamal XII)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional