Connect with us

Nasional

Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Penyuluhan Mengenai Pengenalan dan Pencegahan Stunting.

 

Desa Gapura, Pemalang,- Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro (UNDIP) yang diterjunkan di Desa Gapura mengadakan penyuluhan mengenai pengenalan dan pencegahan stunting. Program tersebut diikuti dengan kegiatan bulanan posyandu yang diadakan di Dusun 1 Gapura Utara, Minggu (5/2/2023).

Malnutrisi atau biasa disebut stunting merupakan sebuah gangguan pertumbuhan yang sebagian besar disebabkan oleh masalah nutrisi kroni sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak usia 2 tahun, permasalahan tersebut sering terjadi di masyarakat yang kurang pengetahuan akan terjadinya gangguan stunting. Maka dari itu, Mahasiswa Tim I KKN UNDIP mengadakan penyuluhan mengenai pengenalan dan pencegahan stunting.

Melihat kondisi kesehatan anak-anak balita di Desa Gapura yang mengalami stunting, maka Mahasiswa KKN Tim I UNDIP mengadakan program penyuluhan mengenai pengenalan dan pencegahan stunting, program tersebut bertujuan untuk memberikan informasi atau ilmu mengenai cara mencegah anak-anak agar tidak kena malnutrisi/stunting.

Program tersebut diikuti oleh ibu-ibu yang mengikuti program posyandu dan memiliki balita. Faktor penyebab terjadinya dikarenakan rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral, dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani, dan kemudian faktor ibu dan pola asuh yang kurang baik terutama pada perilaku dan praktik pemberian makan kepada anak juga menjadi penyebab stunting apabila ibu tidak memberikan asupan gizi yang cukup dan baik.

Adapun cara pencegahan yang bisa dipaparkan yaitu dengan memberikan nutrisi yang cukup bagi anak untuk menjaga tumbuh kembang anak dengan menerapkan gizi seimbang dengan membiasakan makan makanan beraneka ragam, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, pola hidup aktif dan olahraga, kemudian pantau berat badan.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan edukasi terhadap masyarakat terutama ibu yang memiliki balita untuk tetap memperhatikan gizi yang diberikan kepada anak terutama balita agar dapat mengurangi masalah masalah stunting yang ada di Desa Gapura.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional