Connect with us

Uncategorized

Maksimalkan Pelaku Usaha, Mahasiswa UNDIP Lakukan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana

Maksimalkan Pelaku Usaha, Mahasiswa UNDIP Lakukan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana dan Digital Melalui Aplikasi BukuKas

Fokusindonesia com, Pemalang,- Reza Yuanita, Mahasiswa UNDIP dari Program Studi D4 Akuntansi Perpajakan Angkatan 2019 yang terlibat dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I UNDIP tahun 2023 melaksanakan program edukasi dan pelatihan pembukuan keuangan sederhana dan digital bagi pelaku usaha di Desa Gapura. Sasaran dari program ini yaitu pelaku usaha yang ada di Dusun Leretan, Kadedelan, dan Gapura Utara, Kamis (26/01/2023).

Pembukuan keuangan merupakan suatu aktivitas untuk mencatat segala bentuk transaksi yang terjadi dalam sebuah usaha. Tujuan dari adanya pembukuan keuangan adalah untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran kas. Belum adanya pembukuan keuangan yang teratur dan kurangnya pengetahuan mengenai pembukuan keuangan yang baik dan benar menjadi permasalahan di Desa Gapura. Dengan adanya masalah tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu program kerja monodisiplin yang dapat membantu para pelaku usaha agar usahanya berjalan dengan baik dan mendapat keuntungan yang maksimal.

Program edukasi dan pelatihan dilaksanakan secara door to door dengan datang langsung ke lokasi usaha. Mekanisme dari program ini diawali dengan menjelaskan mengenai pembukuan keuangan, pendampingan pembukuan keuangan secara langsung, dan memperkenalkan serta mempraktikan pembukuan keuangan digital melalui aplikasi BukuKas, kelebihan dari aplikasi BukuKas yaitu mudah dalam pengoprasiannya, tidak perlu menghitung secara manual dan bisa mengetahui laporan keuangan usaha.

Selain itu, para pelaku usaha diberikan modul yang nantinya bisa berguna apabila lupa cara mengoperasikan aplikasi tersebut.

Harapan dari diadakannya program edukasi dan pelatihan ini agar pelaku usaha dapat mengetahui dan mengimplementasikan cara melakukan pembukuan yang benar, baik dalam pembukuan secara sederahana (manual) dan digital melalui aplikasi BukuKas. Sehingga para pelaku usaha bisa mengetahui keuntungan dan kerugian secara detail dan presisi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Uncategorized