Connect with us

Nasional

Manfaatkan Potensi Alam Maluku, Prajurit Kostrad Bekali Warga Membuat Makanan Olahan Kelapa

Jakarta. Pos Ramil Wamsisi yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad memberikan pembinaan pembuatan “Nata De Coco” kepada masyarakat di Wilayah Kepulauan Buru Selatan.

Hal tersebut disampaikan Danpos Wamsisi Lettu Arm Angga Eka R dalam rilis tertulisnya di Desa Waelikut, Kec. Waesama, Kab. Buru Selatan, Maluku. Selasa (14/02/2023).

Dikatakan Danpos, kelapa merupakan potensi alam yang melimpah di Desa Waelikut, sehingga Pos Satgas berinisiatif untuk memberikan pembinaan pembuatan salah satu makanan olahan dari kelapa yaitu “Nata De Coco”.

“Pembuatan Nata De Coco ini merupakan hal baru bagi masyarakat Welikut karena kurangnya pemahaman untuk mengolah buah kelapa yang tentunya sangat banyak manfaatnya dan dapat diolah dengan berbagai jenis seperti makanan bahkan kerajinan,” ungkap Danpos.

“Nata De Coco” merupakan bahan makanan yang berbentuk seperti jeli, berwarna putih hingga bening dan mempunyai tekstur kenyal. Makanan ini dihasilkan dari hasil fermentasi air kelapa.

“Selain mengajarkan proses bagaimana cara pembuatan Nata De Coco, personel Pos Satgas juga mengajarkan pembuatan minuman segar yaitu Es Teler yang salah satu bahan dasarnya Nata De Coco dilanjutkan hingga proses pengemasan,” tambah Danpos.

Dengan memperkenalkan produk makanan olahan tersebut, diharapkan akan menumbuhkan ekonomi kreatif bagi masyarakat Waelikut dengan memanfaatkan potensi hasil alam yang ada, nantinya masyarakat dapat membuat secara mandiri hingga proses pengemasan yang menarik dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masayarakat Waelikut ke depan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pos Satgas Yonarmed 1 Kostrad, yang telah memberikan pembinaan pembuatan Nata De Coco dan Es Teler. Kami mengharapkan adanya kegiatan seperti ini lagi, karena keterbatasan akses informasi maupun pengetahuan yang kami miliki. Kegiatan ini sangat membantu kami semua,” ucap Ibu Jubaida Umasugi salah satu peserta pembinaan. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional