Connect with us

Nasional

Membangun Ekosistem Industri Maritim dan Kereta Api Masa Depan Indonesia

Kabar-kini.com, Jakarta Pusat,-Telah dilaksanakan Konferensi Pres di Gedung JI-EXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Rabu (23/8/2023).

Pemerintah mencanangkan identitas Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia untuk menjadi negara maritim yang kuat, besar dan makmur dalam mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia. Presiden RI, Bapak Joko Widodo melanjutkan pembangunan dan memodernisasi transportasi Indonesia, khususnya transportasi massal. Konektivitas dan pembangunan infrastruktur akan mendukung pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan Kementerian Perhubungan menyampaikan bahwa pembangunan Jatur kereta api di Kawasan IKN dan sekitarnya akan menjadi saiah satu prioritas program pada 2024.

Kedua industri ini, perkapalan dan perkeretaapian membutuhkan kolaborasi dari berbagai sektor serta pemangku kepentingan dalam mengoptimalkan pendekatan terrestrial agar terkoneksi dan terintegrasi Dari industri perkapalan, ada 250 galangan kapal yang tersebar di nusantara dan mampu membuat kapal hingga 1 juta DWT per tahun dan memperbaiki hingga 12 juta DWT.

“INAMARINE 2023” dan “RAILWAYTECH INDONESIA 2023” menampilkan sebuah pameran yang berskala internasional yang akan mengetengahkan industri perkapalan dan perkeretaapian dari sudut pandang teknologi, sistem peralatan dan pelayanan yang menghubungkan para pemasok industri tersebut dan pemerintah serta membuka kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek proyek perkapalan dan perkeretaapian Indonesia.

Untuk mendukung ekosistem pembangunan di industri transportasi perkapalan dan kereta api, GEM Indonesia menampilkan Pameran INAMARINE 2023 dan RAILWAYTECH INDONESIA 2023. Kedua pameran ini akan menghadirkan para produsen komponen, infrastruktur, kontraktor hingga operator dari kedua industri tersebut.

Tujuan pameran ini adalah untuk membangun ekosistem dalam Industri maritim dan perkeretaapian, yaitu suatu sistem yang melibatkan berbagai elemen yang saling berinteraksi dan berkontribusi dalam pengembangan sektor transportasi laut dan darat di Indonesia. Elemen-elemen tersebut antara lain meliputi pemerintah, regulator, operator, produsen, penyedia jasa, akademisi, peneliti, dan masyarakat. Ekosistem Industri maritim dan perkeretaapian bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan, kemandirian, dan daya saing bangsa melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam, energi, dan teknologi.

GEM Indonesia mendukung program pemerintah dengan mempersembahkan INAMARINE 2023 dan RAILWAYTECH INDONESIA 2023. Pameran ini akan diselenggarakan bersamaan dengan INAWELDING 2023 (berfokus kepada sektor pengelasan bagi perkapalan dan perkeretaapian) dan INACOATING 2023 (berfokus pada pengecatan/pelapisan perkapalan dan perkeretaapian),

Melalui pameran tersebut diatas, GEM Indonesia berharap dapat turut memberikan wawasan dan solusi yang tepat untuk kemajuan industri nasional demi terwujudnya Indonesia Emas tahun 2045. Dengan kualitas manusia, ketersediaan infrastruktur, kualitas kelembagaan dan kebijakan pemerintah yang ditampilkan dalam pameran ini akan dapat menarik para Investor menanamkan modal dalam Industri-industri tersebut diatas. (War)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional