Connect with us

Nasional

Menghadapi Tantangan Tugas Dengan Kemajuan Tekhnologi, Yonif R 323 Tatar Prajurit Operasionalkan Drone

 

Jakarta. Dalam rangka membekali keterampilan prajurit, khususnya dalam dokumentasi multimedia, dokumentasi pengintaian serta Pengawasan daerah Operasi dan pemetaan wilayah, Yonif Raider 323/BP/13/1/Kostrad menggelar penataran pengoperasian Drone yang dilaksanakan selama enam hari mulai tanggal 13 sd 18 2023, diikuti anggota Yonif Raider 323/BP/13/1/ Kostrad, bertempat di Mako Yonif Raider 323/BP/13/1/Kostrad, Banjar, Jawa Barat. Jumat (17/02/2023).

Modernisasi Alutsista dan Teknologi terus dilakukan dalam rangka mewujudkan Prajurit yang handal dan profesional, Hal tersebut dilaksanakan guna mendukung tugas pokok Prajurit dalam rangka menjaga dan menjalankan tugas mempertahankan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mendukung perkembangan media sosial dan media elektronik.

Danyonif Raider 323 Kostrad menyampaikan bahwa Pengoperasian Drone ini akan sangat membantu dalam pelaksanaan tugas meliputi berbagai kegunaan baik sebagai Sarana pemotretan udara serta sebagai alat untuk melaksanakan monitoring pasukan serta pengintaian daerah musuh.

Pemanfaatan drone dalam pelaksanaan tugas di wilayah pengunungan akan sangatlah membantu pasukan dalam melaksanakan kegiatan operasinya. Selain dapat menghemat tenaga pasukan juga dapat menemukan bentuk Medan yang ada di wilayah penugasan serta lokasi daerah musuh melalui pengintaian udara.

Hal ini diharapkan akan dapat meminimalisir resiko kerugian personel, karena melalui pengintaian awal yang dilaksanakan menggunakan Drone. Pasukan yang akan bergerak ke wilayah musuh dapat mengetahui dan memperkirakan situasi dan bentuk medan operasi yang akan dihadapi, sehingga dapat membuat perkiraan taktis untuk dapat melakukan antisipasi – antisipasi yang diperlukan dalam hal keamanan dan kelancaran pergerakan pasukan demi keberhasilan tugas.

Selain itu Drone juga dapat digunakan untuk kebutuhan di bidang penerangan satuan, dalam rangka pengambilan gambar baik itu foto maupun video udara. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional