Connect with us

Nasional

Pangkoarmada Ri Hadiri Peresmian Kampung Bahari Musantara di Pulau Untung Jawa.

­

Jakarta, 15 Mei 2023. Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto menghadiri peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) TA. 2022 di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kec Kepulauan Seribu Selatan, Senin (15/5).

Kegiatan peresmian yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Satuan Komando Wilayah TNI AL tersebut, diresmikan secara langsung oleh Wakil Presidan RI K.H. Ma’ruf Amin dengan mengambil tema, “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi yang Insklusif dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim yang Sejahtera”.

Dalam sambutannya, Wapres RI K. H. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa TNI AL sebagai bagian dari perangkat negara juga mengemban tugas sosial dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, disamping tugas operasi militernya.

“Saya menilai KBN merupakan bentuk nyata kehadiran dan kedekatan TNI AL dengan rakyat, sekaligus menjadi perwujudan komitmen TNI AL untuk membangun ketahanan wilayah maritim dari level desa, yang akan menyangga pertahanan negara”, ujar Wapres saat meresmikan KBN TNI Angkatan Laut.

Sementara itu sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa agenda KBN ini bertujuan sebagai wadah pembinaaan masyarakat pesisir untuk memecahkan masalah ekonomi, kesehatan dan edukasi. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir, sebagaimana program prioritas nasional.

KBN merupakan program TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengangkat potensi maritim di suatu wilayah. Terdapat 5 klaster program, yaitu pertahanan, ekonomi, edukasi, kesehatan, dan pariwisata. Program ini dijalankan di 68 Satuan Komando Wilayah TNI AL di seluruh nusantara.

Demikian berita Dispen Kaormada RI.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional